Mau umrah cepat? Ini ide bisnis halal yang dianjurkan!

Peluang bisnis halal saat ini cukup menjanjikan. Beberapa faktornya ialah faktor demografi negara Indonesia yang mayoritasnya Muslim. Hal ini merupakan potensi untuk mengembangkan bisnis halal yang sesuai dengan Syariah Islam. Selain itu, gaya hidup Halal sudah mulai muncul dan berkembang di berbagai wilayah di mana mengutamakan konsep Halal dalam segala aspeknya.

Apa saja ide bisnis halal yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang menjanjikan? Ada banyak ide bisnis halal yang bisa dijalankan, tergantung pada minat, kemampuan, dan lingkungan tempat tinggal yang sesuai dengan prinsip Halal dan tidak melanggar prinsip syariah.

Rekomendasi Ide Bisnis Halal

Umat Islam dianjurkan untuk selalu mengutamakan prinsip syariah dalam bermuamalah berdasarkan prinsip yang ada dalam Al-Qur’an dan hadis. Bisnis adalah salah satu jenis muamalah dan halal dilakukan selama tidak melibatkan kegiatan yang diharamkan seperti riba (bunga), judi, alkohol, daging haram, atau aktivitas yang bertentangan dengan nilai-nilai etika dan moral Islam.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dikategorikan halal sesuai syariah, tentunya bisnis ini memiliki target pasar yang lebih spesifik, yaitu umat muslim.

Berikut adalah beberapa prinsip umum bisnis Halal:

  • Hanya menjual produk halal.
  • Adanya ijab qabul antara penjual dan pembeli.
  • Bebas dari unsur riba.
  • Transaksi harus dilakukan seadil mungkin, tidak ada pihak yang dirugikan baik itu penjual maupun pembeli.
  • Bebas dari gharar (segala sesuatu yang tidak pasti dalam transaksi) dan maysir (segala sesuatu yang bersifat untung-untungan dan mengandung unsur perjudian).

Itu dia beberapa prinsip yang sebaiknya diketahui sebelum menambahkan label halal dalam bisnis kamu.

Berikut beberapa contoh bisnis yang dianggap halal yang bisa dipertimbangkan dan dicoba untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis halal.

1. Kuliner Halal

Kuliner halal merujuk pada makanan dan minuman yang sesuai dengan hukum Islam, yang meliputi bahan-bahan dan proses penyajian yang halal. Bisnis kuliner adalah ide bisnis paling mudah karena merupakan kebutuhan pokok semua orang. Jaminan halal dalam bisnis kuliner akan semakin meyakinkan konsumen muslim yang mengutamakan gaya hidup Syariah.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa salah satu prinsip yang harus ada pada bisnis syariah adalah kehalalan dari produk yang dijual. Maka dari itu, bisnis kuliner halal bisa dikategorikan sebagai bisnis ini. Beberapa contoh kuliner halal yang dapat dijalankan antara lain seperti nasi goreng, mie ayam, gado-gado, bakso, penyetan lamongan, dan jajanan seperti es campur, es buah, jus buah.

Beberapa tips untuk memulai bisnis kuliner halal di antaranya adalah sertifikasi halal untuk memastikan bahan baku dan proses produksi mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang, menjaga kualitas bahan baku, menjaga kebersihan dan higienis, berinovasi dengan menu baru dengan tetap halal dan memanfaatkan platform online untuk mempromosikan produk.

Dengan fokus pada kualitas, kebersihan, dan kehalalan produk, bisnis kuliner Anda memiliki peluang besar untuk sukses di pasar yang luas.

2. Les Mengaji

Memulai bisnis les mengaji dapat menjadi usaha yang mulia dan menguntungkan, mengingat banyaknya permintaan untuk pembelajaran Al-Qur’an di kalangan umat Muslim. Mengaji adalah salah satu kegiatan belajar Al-Quran yang biasanya dilakukan di TPA. Namun di wilayah perkotaan yang sangat sibuk, sebagian orang tua tidak mempunyai waktu untuk mengantarkan anaknya belajar di TPA dan sulit untuk bertatap muka.

Hal ini menjadi peluang untuk menawarkan jasa les mengaji yang dilakukan secara daring atau juga secara privat. Selain lebih efektif, orang tua juga bisa memantau perkembangan pembelajaran anaknya secara langsung di rumah. Ide les mengaji privat bisa menjadi salah satu pilihan ide bisnis yang halal.

3. Penitipan Anak (Daycare) Islami

Ide bisnis halal selanjutnya adalah penitipan anak Islami. Penitipan anak adalah salah satu kebutuhan bagi orang tua yang sibuk bekerja. Memulai bisnis daycare (penitipan anak) bisa menjadi usaha yang menguntungkan dan memuaskan, namun memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang, di antaranya adalah riset pasar dan legalitas, rekrutmen staff dan operasional, program dan kurikulum serta evaluasi.

Orang tua perlu memilih layanan penitipan anak yang bisa dipercaya  dan jasa penitipan anak Islami bisa menjadi pilihan orang tua muslim untuk lebih memercayakan anak-anaknya. Jasa penitipan anak Islami selain merawat anak secara fisik ketika orangtuanya sedang sibuk bekerja, juga harus menanamkan nilai-nilai Islami berdasarkan ajaran Islam tentang Adab sehari-hari dan orang-orang yang bekerja di penitipan anak ini tentu harus beragama Islam dan harus mampu mengajarkan ajaran Islam dengan baik.

4. Jasa Penulisan Blog Islami

Internet adalah sumber informasi dewasa ini termasuk informasi terkait dengan agama. Hal ini merupakan potensi bagi orang-orang yan memiliki kemampuan menulis artikel tentang agama Islam untuk membangun blog tentang Ilmu Agama Islam bagi para pengguna internet / blogger.

Tentu dalam menulis artikel ini perlu rujukan-rujukan yang bisa dipertanggungjawabkan dalam artikel tersebut sehingga selain berbisnis atau menjual jasa, kita juga beramal sholeh kepada orang lain yang merasa haus pengetahuan agama.

5. Pengobatan Herbal ala Nabi

Bisnis herbal Islami adalah usaha yang menggabungkan prinsip-prinsip kesehatan alami dengan nilai-nilai Islam. Ini bisa mencakup berbagai produk herbal yang didasarkan pada sunnah Nabi Muhammad SAW, serta prinsip-prinsip etika dan moral dalam Islam. Pengobatan herbal termasuk dalam bisnis yang populer karena edukasi yang sudah lama dijalankan oleh para pelakunya sehingga tidak perlu memulai edukasi pentingnya herbal Nabi dari nol. Beberapa jenis herbal ini adalah Habbatus Sauda (Jinten Hitam), Madu, Minyak Zaitun, dan Sari Kurma. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini adalah memastikan semua produk yang dijual memiliki sertifikasi halal dari lembaga yang terpercaya dan memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam produk herbal agar sesuai dengan syariat Islam.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menawarkan produk yang berkualitas serta halal, bisnis herbal Islami Anda memiliki peluang besar untuk sukses dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

6. Buku Anak Islami

Membaca buku adalah kegiatan penting untuk perkembangan anak, dan buku anak Islami bisa menjadi alat yang baik untuk memperkenalkan nilai-nilai Islam sejak dini. Buku islami untuk anak dapat berupa buku tentang kisah Nabi, buku doa, buku tuntunan salat, maupun jenis buku lainnya yang dikemas secara islami.

Hal ini tentu akan lebih baik dibandingkan selalu menggunakan gadget yang berpotensi membuat anak kecanduan.

7. Distro Muslim

Distributor outlet atau distro pada dasarnya merupakan bisnis dalam bidang fashion juga. Distro yang umumnya digunakan di Indonesia untuk menggambarkan toko yang menjual pakaian dan aksesoris dengan desain yang unik dan orisinal. Biasanya, distro menjual produk-produk yang diproduksi dalam jumlah terbatas dan seringkali memiliki tema atau gaya yang khas. Umumnya pakaian yang dijual di distro adalah seperti kaos, jaket, topi, kemeja, tas, dll.

Kamu bisa memproduksi atau menjual produk-produk tersebut, namun dengan desain yang lebih islami seperti baju takwa, peci, celana syar’i, baju muslim dengan desain yang eksklusif dan tematik. Umumnya distro hadir dalam bentuk toko offline, tapi kini sudah banyak juga distro yang mulai melengkapi diri dengan toko online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

8. Jual Alat Ibadah dan Oleh-Oleh Haji dan Umrah

Alat ibadah Muslim seperti mukena, sarung, sajadah, kopiah, merupakan kebutuhan untuk Ibadah yang harus diperhatikan kehalalannya baik dari bahan dan prosesnya. Hal ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Biasanya Toko yang menjual alat ibadah dikombinasikan dengan oleh-oleh haji dan umrah seperti kurma, kacang arab, kismis dan air zamzam yang bisa kamu pasarkan baik offline maupun online. Jangan lupa untuk selalu update trend terbaru, ya!

Coba perhatikan model mukena dan sajadah travel yang sedang hits belakangan ini. Pandemi mengharuskan kita untuk jaga jarak dengan orang lain. Jadi apabila kita terpaksa harus keluar rumah, tentu peralatan salat yang travel friendly dibutuhkan agar kita tidak perlu menggunakan alat salat yang ada di tempat umum.

9. Salon Muslimah

Salon Muslimah adalah jenis salon kecantikan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wanita Muslimah yang ingin merawat diri dengan tetap mematuhi prinsip-prinsip syariat Islam. Banyak muslimah berhijab yang terkadang bingung ketika ingin melakukan perawatan kecantikan. Kehadiran salon muslimah adalah solusi bagi para muslimah hijabers untuk bisa mendapatkan perawatan kecantikan dengan bebas. Biasanya salon muslimah ini hanya melayani pelanggan wanita dan semua pekerjanya juga tentu wanita.

9. Travel Wisata Halal

Travel haji dan umroh dapat dikategorikan sebagai halal travel, namun ada juga lho jenis travel halal lainnya. Halal trip ini tidak harus merupakan wisata religi, melainkan perjalanan traveling biasa yang dipastikan tidak meninggalkan syariat islam seperti aspek-aspek makanan halal, fasilitas ibadah, serta destinasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Beberapa rekomendasi destinasi untuk travel wisata Halal tersebut adalah Turki, Kuala Lumpur, Dubai, Granada, Maroko dll.

8. Umrah Cepat

Jika Anda belum memiliki kesempatan untuk pergi Haji, Umrah adalah solusinya. Dewasa ini, banyak kaum Muslim yang ingin bepergian ke tanah suci sesegera mungkin ketika mampu tanpa harus menunggu antrean Haji.

Memahami keinginan untuk menunaikan ibadah umrah dengan cepat adalah hal yang wajar, terutama karena banyak orang ingin merasakan manfaat spiritualnya secepat mungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk menunaikan ibadah umrah dengan cepat dimulai dari perencanaan yang matang, memilih paket Umrah yang cepat dan menggunakan layanan pendukung.

Dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang efisien, Anda dapat menunaikan ibadah umrah dengan cepat tanpa mengurangi kekhusyuan dan manfaat spiritualnya. Selamat menunaikan ibadah umrah, semoga mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar.

mkh Mau umrah cepat? Ini ide bisnis halal yang dianjurkan!

Nah informasi diatas merupakan beberapa ide bisnis halal yang dapat dilakukan. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Selain mempersiapkan finansial untuk berangkat Umrah, kita juga perlu mempersiapkan biro jasa yang akan menemani kita untuk menunaikan ibadah haji atau umrah. Bagi Anda yang membutuhkan biro jasa umrah terpercaya, Anda dapat mempercayakan perjalanan Anda bersama Rawda Umroh.

Sebagai penyedia jasa umrah, Rawda memiliki banyak pilihan paket umrah yang dapat Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Sebagai biro Umrah Jakarta, Rawda Umroh telah berpengalaman dan memiliki izin beroperasional sebagai penyedia jasa umrah. Salah satu paket umrah terbaik dari Rawda ialah Umroh Plus Turki. Yuk segera konsultasikan keberangkatan umrah Anda bersama Rawda Umroh Jakarta.

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh