Cara dari Jeddah ke Mekkah dan Madinah: Beragam Pilihan Transportasi Menuju Tanah Suci

Cara dari Jeddah ke Mekkah dan Madinah: Beragam Pilihan Transportasi Menuju Tanah Suci

Perjalanan dari Jeddah ke Mekkah. Banyak orang yang melakukan Umrah untuk pertama kalinya memiliki banyak kekhawatiran. Mereka juga bingung tentang bagaimana cara pergi ke Makkah dan Madinah dari bandara.

Mereka bertanya seperti apakah ada kereta dari Jeddah ke Makkah? Apakah Uber tersedia di Jeddah? Dan banyak lagi.

Tidak diragukan lagi kita hidup di abad ke-21 di mana kita dapat mengakses fasilitas digital apa pun melalui ponsel kita. Tetapi sarana transportasi yang Anda pilih untuk perjalanan Anda mencerminkan kepribadian Anda.

Beberapa orang suka bepergian dengan mobil pribadi, beberapa lebih memilih taksi, dan beberapa memilih bus untuk menikmati perjalanan mereka dengan santai.

Sampai batas tertentu, ini juga tergantung pada anggaran Anda. Berikut beberapa cara untuk melakukan perjalanan dari bandara Jeddah ke Makkah & Madinah selama Umrah Anda.

Panduan Perjalanan Dari Jeddah ke Mekkah

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara perjalanan dari Jeddah ke Makkah dan Madinah saat menjalani ibadah Umrah, dengan pilihan transportasi terbaik yang tersedia serta tips untuk memaksimalkan manfaat perjalanan Anda.

Dalam beberapa tahun terakhir, pilihan dan kualitas transportasi telah meningkat pesat, dengan kereta dari bandara Jeddah ke Makkah dan Madinah menjadi pilihan yang sangat baik.

Baca juga: Pentingnya Meluruskan Niat Umroh: 5 Tips Menjemput Keberkahan dan Kekhusyu’an Ibadah

1. Taksi

Anda dapat dengan mudah mengambil taksi dari Terminal 1 Bandara Internasional Jeddah baru ke Makkah.

Begitu Anda keluar dari tempat pengambilan bagasi bandara, Anda akan melihat tanda-tanda untuk taksi, ini adalah taksi resmi yang akan membawa Anda langsung ke hotel di Makkah.

Taksi-taksi ini di bandara diatur dan Anda dapat mengharapkan pelayanan yang baik. Harga dari Bandara Jeddah ke hotel di Makkah standarnya sekitar 250 SAR.

Warna taksinya adalah hijau.

2. Careem dan Uber

Careem dan Uber adalah pilihan transportasi populer di Makkah, Madinah, dan Jeddah jika Anda memutuskan untuk mengunjungi dan menjelajahi beberapa tempat menarik di sekitar kota.

Harganya sebanding dan cukup mudah dinavigasi. Sebenarnya, ada stan di luar bandara Jeddah dan Madinah yang memberi tahu Anda untuk menunggu mobil Anda.

Anda juga dapat menggunakannya di dalam kota misalnya Anda ingin melakukan ziyarah atau pergi ke Masjid Kubah misalnya di Madinah.

Jadi jika Anda ingin pergi misalnya ke Masjid Kuba, Anda dapat naik dengan Careem daripada bernegosiasi dengan taksi di luar hotel Anda.

Ini mungkin merupakan pilihan yang baik bagi perempuan yang bepergian sendiri dari Makkah ke Madinah untuk Umrah. Ini pasti membuatnya lebih terjangkau dan mudah bagi para jamaah.

3. Rental Mobil dan Driver

Ada juga perusahaan swasta yang menyediakan jasa pengemudi dan mobil untuk sehari atau bahkan seminggu jika diperlukan.

Jika Anda merupakan kelompok besar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewa van daripada taksi.

Harga-harga ini bervariasi tetapi Anda bisa menemukan seseorang dengan harga serendah £100 untuk dua hari.

Anda harus bernegosiasi dengan mereka dan mengatur harga serta selalu pastikan Anda memiliki salinan korespondensi dan harga dengan Anda.

Pilihan lainnya adalah benar-benar menyewa mobil yang diatur oleh hotel untuk menjemput Anda dari bandara dan mengantar Anda langsung ke hotel.

Ini jauh lebih mahal daripada sebenarnya naik taksi sendiri atau bahkan Uber karena setiap hotel memiliki harga yang berbeda. Anda dapat memeriksa opsi transportasi dengan hotel masing-masing.

4. Menaiki Bus

Ada juga opsi bus dari Terminal 1 yang sekarang biayanya 4 SAR (sebelumnya gratis) yang dapat Anda naiki dari jam 10 pagi hingga 10 malam dan berangkat setiap dua jam sekali.

Hal yang sama berlaku dari Haram dari tengah hari hingga tengah malam.

Anda juga dapat menemukan bus ini di pintu masuk bandara dan Anda perlu menyediakan detail paspor.

Baca juga: Spot Foto Umroh Wajib Capture; Mengabadikan Momen Istimewa di Tanah Suci

Transportasi untuk Kedatangan di Terminal Utara

Jika Anda menggunakan penerbangan dengan maskapai murah seperti Wizz Air untuk tiba di Jeddah untuk Umrah, Anda akan tiba di terminal Utara.

Jika Anda tiba di sana, cara terbaik untuk pergi dari Jeddah ke Makkah adalah dengan taksi. Tidak ada koneksi langsung dengan kereta.

Anda perlu naik taksi ke terminal baru jika ingin naik kereta ke Medinah atau Makkah. Jika Anda akan pergi ke Makkah, cukup naik taksi dan membuat perjalanan Anda lebih mudah.

Harganya sama dan ada taksi lagi di luar terminal.

Transportasi Terbaik dari Jeddah ke Mekkah

Saat seseorang pertama kali mengunjungi Arab Saudi untuk pertama kalinya dan akan melakukan Umrah, seluruh proses bisa sangat membingungkan dan sulit untuk dinavigasi.

Bagi mereka yang tiba di bandara Jeddah dan akan bepergian ke Makkah, transportasi terbaik untuk pergi dari bandara Jeddah ke Mekkah adalah dengan taksi.

Jarak dari Jeddah ke Makkah sekitar 80km dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan taksi untuk tiba.

Alasan mengapa taksi merupakan pilihan terbaik, karena ketika Anda bepergian dari bandara Jeddah, Anda dapat menggunakan kereta dari Terminal 1, Anda harus mengambil taksi lagi di Mekkah ke hotel Anda karena stasiun kereta agak di luar kota.

Terdapat bus GRATIS dari stasiun kereta ke Haram namun dengan barang bawaan dan kelelahan, mungkin pilihan ini bukan yang Anda inginkan. Cukup anggarkan opsi taksi seperti yang saya jelaskan di bawah.

Baca juga: Doa Masuk Masjidil Haram: Kunci Kesucian dan Kedamaian

Jalan-jalan dari Mekkah ke Madinah

Jika Anda berencana untuk menjelajahi kota suci Madinah saat Umrah, Anda dapat memesan penerbangan langsung ke Madinah dari kota Anda dan kemudian pindah ke Makkah.

Madinah hanya berjarak 5 jam berkendara dari Jeddah atau Makkah atau naik kereta cepat baru.

1. Naik Kereta Cepat

Salah satu cara tercepat untuk bepergian dari Makkah ke Madinah dan sebaliknya.

Kereta tersebut berjalan dengan kecepatan 200km/jam, yang masih belum mencapai kecepatannya yang tertinggi (300km/jam).

Anda juga dapat memesan tiket secara online dari situs web mereka. Tarif per orang satu arah adalah 150 SAR / £32.

Perlu diketahui bahwa kereta tersebut tidak berhenti di bandara bagi penumpang yang akan pergi dari Jeddah ke Makkah.

2. Penerbangan

Setibanya di Jeddah, Anda juga dapat memesan penerbangan ke Madinah seharga £60 kurang lebih.

Tetaplah aktif, periksa semua bagasi dan periksa kembali diri Anda sendiri karena Anda tidak akan memiliki cukup waktu dan uang untuk melakukan perjalanan kembali lagi.

3. Baik Tourist Bus

Baru-baru ini diperkenalkan di Madinah, bus ini mengunjungi sekitar 12 tempat bersejarah di kota Madinah.

Selama Umrah Anda, Anda dapat menjelajahi semua tempat tersebut hanya dengan membayar tiket seharga £17. Anda dapat tinggal di setiap titik, mengunjungi tempat tersebut, dan menunggu bus berikutnya.

Setiap bus datang setelah 30 menit.

4. Bus SAPTCO

Dahulu, sebelum adanya kereta api, opsi ini sangat populer, namun bus SAPTCO masih merupakan pilihan yang bagus. SAPTCO adalah singkatan dari Perusahaan Transportasi Umum Saudi dan mereka melakukan perjalanan langsung dari Makkah ke Madinah atau ke Jeddah.

Terdapat dua pilihan, yaitu bus reguler dan opsi VIP yang memiliki kursi yang lebih besar dan makanan ringan.

Di Jeddah, mereka tiba di stasiun bis Al Balad di kota tua, dan di Makkah dan Madinah di stasiun bis di sana. Opsi VIP memiliki titik keberangkatan yang berbeda.

Bus dapat menjadi pilihan anggaran yang bagus bagi kalian yang tidak terganggu dengan perjalanan yang lebih lama tetapi ingin menghemat uang atau memiliki koper yang sangat besar yang bisa menjadi masalah di kereta api.

Bus ke Makkah memakan waktu sekitar 5 jam dan mereka berhenti di titik miqat dalam perjalanan ke Makkah.

Anda memiliki kursi yang nyaman dan makanan ringan gratis disediakan selama perjalanan. Pastikan Anda memesan layanan VIP dan bukan bus reguler jika Anda menginginkan kenyamanan lebih.

Perjalanan tersebut nyaman dan satu tiket satu arah langsung dari Madinah ke Makkah dengan bus SAPTCO biayanya 69 SAR. Opsi VIP biayanya 100 SAR sekali jalan.

5. Naik Taxi dari Mekkah ke Madinah

Anda dapat dengan mudah mendapatkan taksi dari Makkah atau Madinah dan Anda dapat menawar harga perjalanan langsung dengan para pengemudi.

Sebuah taksi dari Makkah ke Madinah biayanya sekitar £100 / $120 sekali jalan. Anda dapat menemukan banyak taksi di luar hotel di kedua kota tersebut.

Ini adalah pilihan yang baik untuk keluarga atau bagi mereka yang membawa banyak bagasi karena taksi akan membawa Anda dari pintu ke pintu.

Baca juga: Panduan Praktis: Tips Agar Tidak Tersesat di Masjidil Haram

6. Sewa Mobil

Sekarang dengan visa turis Saudi, Anda juga dapat dengan mudah menyewa mobil saat menjalani Umrah. Namun, dengan visa Umrah, Anda tidak bisa melakukannya.

Terdapat kios penyewaan mobil dari semua merek terkemuka di bandara dan di Jeddah. Ini cukup mudah dan Anda memerlukan SIM internasional.

Ini merupakan pilihan yang baik bagi kalian yang ingin menjelajahi lebih banyak di luar kota suci seperti Al Ula, Taif, atau untuk mengemudi sendiri ke Makkah dan Madinah.

Namun, perlu diingat bahwa parkir di Makkah sangat mahal, hotel Jabal Omar membebankan sekitar £50 per hari, karena tempat parkir sulit ditemukan di dekat Haram.

Ketika pergi Umrah dari Jeddah, orang-orang biasanya menyewa seorang sopir karena lebih praktis, tetapi sekali lagi, itu adalah pilihan.

Perlu diingat lagi, para pengendara di sana berkendara dengan cepat dan mereka juga kurang memperhatikan ketika mendahului.

Disanrankan untuk mendapatkan perlindungan asuransi yang menyeluruh untuk mobil jika Anda menyewa.

Kesimpulan

Dalam merencanakan perjalanan Umrah, pemilihan transportasi menjadi faktor penting yang memengaruhi kenyamanan dan efisiensi perjalanan.

Dari taksi hingga bus kota, setiap opsi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, dengan berkembangnya aksesibilitas melalui visa turis Saudi, Anda kini memiliki lebih banyak pilihan untuk menjelajahi Makkah dan Madinah.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan dengan cermat opsi transportasi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan perjalanan mereka.

Segera wujudkan impian Anda untuk melaksanakan Umrah di kota suci dengan layanan terbaik bersama Travel Umroh Rawda. Nikmati pengalaman ibadah yang berkesan dan nyaman.

Manfaatkan juga Promo Umrah Bandung eksklusif kami! Dapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik dengan harga mulai dari 24,9 juta.

Buat Anda yang ingin menjelajahi keindahan destinasi wisata unggulan di Turki bisa dengan Promo Umrah Plus Turki Bandung. Temukan pengalaman perjalanan yang penuh makna dan berkesan bersama kami!

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh