Doa Minum Air Zamzam, dan Makna yang Terkandung Didalamnya

doa minum air zamzam

Bagi umat muslim, tentu sudah tidak asing lagi dengan air zamzam. Rupanya, ada doa minum air zamzam yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim sebelum meminum air zamzam. 

Air zamzam dipercaya sebagai peninggalan sejak zaman Nabi yang tidak pernah kering. Selain itu, bagi umat Islam, air zamzam diyakini sebagai air suci dengan khasiatnya yang begitu banyak, baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Lokasi sumur air zamzam ini berada di kawasan Masjidil Haram. 

Saat hendak meminum air zamzam, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Hal tersebut dituliskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad dari Jabir RA. 

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya : “Air zamzam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya.” (HR Ibnu Majah)

Dalam Kitab Al Adzkar, Imam Nawawi menyatakan jika para ulama menyarankan agar umat muslim memohon ampunan, kesehatan, atau menyampaikan keinginan kepada Allah SWT sebelum meminum air zamzam. 

Tabi’in dan ahli tafsir bernama Mujahid RA juga menyatakan bahwa atas izin Allah SWT, keinginan dari seseorang yang meminum air zamzam dapat dikabulkan. 

Lalu, bagaimana doa meminum air zamzam itu? Simak penjelasan berikut ini, ya.

Doa Minum Air Zamzam

Bagaimana doa minum air zamzam? Berikut ini adalah bacaan doa minum air zamzam yang dikutip dari buku berjudul Keutamaan Doa & Dzikir untuk Hidup Bahagia Sejahtera karya dari M. Khalilurrahman Al Mahfani serta buku Khasiat Air Zam-zam karya dari Taufiqurrohman, M. Si. 

اللهم اني اسألك علما نَافِعًا، وَرِير قا واسعا، سأَلَكَ وشفاء من كل داء

Latin : Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqan waasi’an, wasyifaa-an min kulli daa-in.

Artinya : “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari tiap penyakit.”

Selain bacaan doa di atas, ada juga bacaan doa minum air zamzam lainnya. Sembari membaca doa berikut ini, Anda dapat sembari berdiri menghadap ke Ka’bah. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Latin : Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan wasi’an wa shifa’an min kulli da’in wa saqamin bi rahmatika ya arhamarrahimin.

Artinya : “Ya Allah! Sesungguhnya aku bermohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan penawar bagi segala penyakit; Dengan rahmat-Mu, Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang!”

doa minum air zamzam

Adab Saat Minum Air Zamzam

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa saat meminum air zamzam, umat muslim dianjurkan untuk menghadap kiblat sembari menyebut nama Allah SWT. Hal tersebut disebutkan dalam buku berjudul Hidup Sehat Tanpa Obat karya Dr. Jamal Muhammad Az-zakki. 

Diriwayatkan dari Ibnu Majah dari Muhammad bin Abdurrahman bin Abu Bakar berkata, “Ketika aku duduk bersama Ibnu Abbas, datanglah seseorang. Ibnu Abbas kemudian berkata: ‘Apakah engkau minum dari perigi itu sebagaimana yang sepatutnya.’ Lelaki tersebut berkata: ‘Bagaimana?’ Ibnu Abbas lantas berkata: ‘Apabila engkau minum air zamzam, maka menghadaplah ke kiblat, sebutlah nama Allah dan bernafaslah tiga kali (ketika minum). Minumlah air zamzam sehingga kenyang dan jika sudah selesai maka pujilah Allah. Sesungguhnya Rasulullah bersabda: ‘Sesungguhnya tanda yang membedakan kita dengan orang-orang munafik, sesungguhnya mereka tidak minum air zamzam itu hingga kenyang.’”

Lalu, bagaimana cara meminum air zamzam yang tepat? Berikut ini adalah tata cara meminum air zamzam. 

1. Membaca Basmalah

Sebelum meminum air zamzam, umat muslim dianjurkan untuk membaca basmalah terlebih dahulu. Hal ini sebagai tanda penghormatan kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan. 

2. Tidak Meminum Air Zamzam dalam Satu Tegukan

Ketika meminum air zamzam, sebaiknya jangan meminumnya dalam satu tegukan. Sebaiknya, minumlah air zamzam dengan perlahan-lahan sembari mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT. 

3. Berdoa dan Memohon Hajat 

Sebelum meminum air zamzam, hendaklah membaca doa dan memohon kepada Allah SWT. Anda dapat membaca doa minum air zamzam yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Keutamaan Meminum Air Zamzam

Seperti yang umat muslim yakini, air zamzam memiliki banyak manfaat. Air zamzam sendiri memiliki beberapa keutamaan seperti yang disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW. 

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

Artinya : “Sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air zamzam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa menjadi obat penyakit.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW juga pernah menggunakan air zamzam sebagai penawar penyakit. Hal tersebut disebutkan dalam hadis yang telah dishahihkan Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Sholihah berikut ini. 

حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zamzam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang sakit, beliau pun menyembuhkan orang tersebut dengan air zamzam.” (HR Al Baihaqy)

Meminum air zamzam dapat menjadi salah satu amalan ibadah apabila dengan niat untuk mengikuti anjuran Rasulullah SAW. Meminum air zamzam dapat menjadi makruh hukumnya apabila digunakan untuk mencuci najis atau untuk membersihkan hadas besar. 

Diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas, “Aku pernah menyiapkan air zamzam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sembari berdiri.” Ketika Rasulullah SAW hendak melakukan ibadah sa’i, beliau meminum air zamzam hingga merasa kenyang, lalu menyiramkan air zamzam ke atas kepala beliau. 

Air zamzam juga dipercaya sebagai air yang diberkahi. Hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadis. 

Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Air zamzam tergantung untuk tujuan apa ia diminum, apabila engkau minum dengan tujuan untuk kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkannya. Apabila engkau meminumnya untuk tujuan kekenyangan, maka Allah akan mengenyangkanmu. Apabila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, maka Allah akan menghilangkan rasa dahaga tersebut. Air zamzam merupakan hasil dari pukulan (dengan kaki atau sayap) malaikat Jibril serta kesegaran yang diberikan Allah kepada Ismail.” (HR Ad-Daruquthni dan Al-Hakim)

Penutup

Demikian penjelasan mengenai doa minum air zamzam, adab meminum air zamzam, serta keutamaan air zamzam. Ternyata air zamzam begitu berkhasiat dan memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, ingatlah untuk meminum air zamzam dengan adab yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW serta jangan lupa untuk membaca doa minum air zamzam.

Travel Umroh Rawda merupakan biro perjalanan umroh terpercaya yang sudah berdiri sejak 2003. Kepuasan para jamaah merupakan prioritas utama dari biro perjalanan umroh ini. Memiliki izin resmi dari Kementerian Agama, Rawda Travel siap mengantarkan Anda untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah. Bagi Anda yang sedang mencari travel Umroh Jakarta, Travel Umroh Rawda menawarkan berbagai paket umroh, seperti Paket Umroh Plus Turki. Anda bisa menunaikan ibadah umroh sekaligus berlibur ke Turki.  

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh