8 Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Umroh : Menjaga Kenyamanan Ibadah di Tanah Suci

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Umroh

Apakah Anda akan melaksanakan ibadah ke Tanah Suci? Di tanah suci memiliki cuaca yang cenderung panas dan menyebabkan kulit gampang kering. Berikut ini tips mengatasi kulit kering saat umroh untuk menjaga kenyamanan ibadah di Tanah Suci.

Ibadah umroh dan haji adalah kegiatan yang dilaksanakan di Tanah Suci, khususnya di Mekah dan Madinah. Daerah ini terkenal dengan suhu yang tinggi dan sinar matahari yang sangat terik pada siang hari.

Dengan kondisi cuaca yang panas ini tentunya kulit dapat dengan mudah menjadi kering dan kekurangan nutrisi. Agar dapat mengatasi kekeringan kulit, penting untuk menjalani serangkaian perawatan kulit dan memperhatikan aspek-aspek penting yang sering kali terlupakan.

Mekkah memiliki kondisi cuaca berbeda dari Indonesia. Di tanah Suci ini memiliki kecenderungan cuaca yang lebih panas dan lingkungan yang kering.

Cuaca yang panas dan lingkungan kering ini tentunya dapat menyebabkan permasalahan kulit yakni kulit kering. Kulit terasa kering akan menyebabkan ketidaknyamanan saat beribadah umroh.

Untuk itu, para jamaah tentunya harus bersiap-siap untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering. Hal tersebut dilakukan agar dapat menjalani ibadah dengan nyaman.

Kulit kering adalah keluhan umum yang sering muncul selama jamaah menjalani pelaksanaan umroh. Kulit kering terjadi karena di Tanah suci memiliki suhu udara yang panas mencapai 46 derajat celcius. Gejala kulit kering akibat panasnya cuaca biasanya terlihat dari kulit yang kasar, merah, dan terkadang disertai rasa gatal yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Untuk menjaga kulit tidak kering selama ibadah umroh dan selama menjalankan ibadah tidak terganggu karena merasa tidak nyaman akibat kulit kering berikut ini tips mengatasi kulit kering saat umroh. Simak informasinya.

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Umroh

1.  Menghindari Produk Skincare yang mengandung Alkohol

Tips mengatasi kulit kering saat umroh pertama adalah dengan menghindari produk skincare yang mengandung alkohol. Jamaah umroh atau haji disarankan untuk tidak menggunakan produk skincare atau kecantikan yang mengandung alkohol selama menjalankan ibadah.

Tidak hanya itu, produk kecantikan dengan kandungan alkohol yang tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, selain mematuhi peraturan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol, hal tersebut juga dapat membantu melindungi kulit dari kekeringan yang tidak diinginkan.

2. Sering Mengaplikasikan Sunscreen atau Tabir Surya

Tips mengatasi kulit kering saat umroh kedua ialah sering mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya.

Paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, berkerut, dan kasar. Untuk mencegah kerusakan kulit selama melakukan umroh akibat paparan sinar ultraviolet, disarankan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Jamaah umroh atau haji dapat menggunakan tabir surya dengan SPF antara 30, SPF 50 atau lebih tinggi.

Disarankan untuk mengaplikasikan pelindung matahari 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan mengulanginya setiap 2 jam atau setelah berkeringat banyak.

Jika kulitmu memerlukan perlindungan dari sinar matahari sehari-hari, ini menjadi lebih penting ketika melakukan umroh atau haji. Sinar matahari yang terik di Mekah dan Madinah dapat membahayakan kulit jika tidak dilindungi dengan pelindung matahari yang sesuai.

Untuk penggunakan tabir surya, jamaah dapat mengoleskan sunscreen atau tabir surya ke wajah dan seluruh tubuh yang akan terpapar matahari sebelum keluar ruangan.

3. Menggunakan Pelembab

Tips mengatasi kulit kering saat umroh selain menggunakan tabir surya adalah menggunakan pelembab. Pelembab bermanfaat untuk mengatasi kulit kering.

Menggunakan pelembap merupakan salah satu langkah efektif dalam mengatasi kulit kering selama melaksanakan ibadah umroh. Jamaah dapat memiilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, untuk kulit kering, disarankan memilih pelembap berbasis minyak, sementara untuk kulit berminyak, normal, atau kombinasi, lebih baik menggunakan pelembap berbasis air.

Jika kulit tetap kering meskipun sudah menggunakan pelembap, pertimbangkan untuk menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat. Namun, apabila menggunakan makeup sepanjang hari, sebelum mencuci wajah, disarankan untuk membersihkan makeup menggunakan pembersih berbasis minyak atau langsung menggunakan minyak zaitun.

Tidak hanya membantu menghilangkan makeup dan membersihkan kotoran dengan optimal, penggunaan minyak pada wajah juga dapat menambah kelembaban dan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit setelah terpapar panas sepanjang hari.

Setelah membersihkan wajah dengan minyak dan sabun, aplikasikan pelembap. Penggunaan pelembap ini sangat penting sebelum tidur agar kulit tetap terhidrasi dan dapat melakukan regenerasi dengan baik selama tidur.

4. Mengonsumsi Air yang Cukup

Tips mengatasi kulit kering saat umroh adalah dengan mengonsumsi air yang cukup.

Memastikan asupan air yang cukup memiliki berbagai manfaat besar bagi tubuh, mulai dari mendukung metabolisme hingga menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, terutama saat menjalani ibadah umroh.

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah kulit kering selama umroh, direkomendasikan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter. Namun, mengingat cuaca yang panas dan aktivitas yang intens selama ibadah umroh, sebaiknya jamaah dapat minum lebih dari jumlah tersebut.

Untuk memastikan kelembapan kulit secara maksimal, disarankan untuk memulainya dari dalam dengan mengonsumsi cairan yang mencukupi. Di kondisi udara yang sangat panas, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui keringat.

Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mencegah dehidrasi dan kulit kering, penting untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Penting untuk diingat bahwa minuman yang direkomendasikan adalah air putih, bukan minuman dengan kadar gula tinggi.

Dengan menerapkan berbagai cara untuk mencegah dan mengatasi kulit kering selama umroh seperti dijelaskan di atas, diharapkan kulit dapat tetap sehat dan nyaman. Dengan begitu, perjalanan ibadah umroh Anda tidak akan terganggu oleh masalah kulit.

Namun, apabila kulit kering selama umroh tidak kunjung teratasi meskipun sudah mencoba berbagai cara di atas atau bahkan menimbulkan gatal yang parah, segera konsultasikan dengan dokter di rombongan jamaah atau di wilayah setempat.

5. Menggunakan Petroleum Jelly atau Lip Balm

Tips mengatasi kulit kering saat umroh selanjutnya adalah mengaplikasikan petroleum jelly atau lip balm. Petroleum Jelly memiliki manfaat untuk perawatan kulit yakni sebagai pelembab yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi masalah kulit kering. Untuk hasil optimal, aplikasikan petroleum jelly pada tangan dan wajah setelah mandi.

Selain itu, petroleum Jelly juga dapat untuk mengatasi bibir pecah-pecah karena cuaca panas. Bibir yang kering akibat cuaca dapat terjadi pecah-pecah. Oleh sebab itu, jamaah umroh atau haji dapat mengaplikasikan petroleum jelly.

Opsi lain dari petroleum jelly untuk mengatasi bibir pecah – pecah adalah dengan menggunakan lip balm. Jamaah umroh atau haji dapat menggunakan lip balm sebelum keluar ruangan dan sebelum tidur agar bibir tetap lembab.

Saat ini juga terdapat lip balm memiliki kandungan SPF yang cocok untuk bibir yang memerlukan perlindungan ekstra dari sinar matahari.

6. Menggunakan Masker Wajah

Tips mengatasi kulit kering saat umroh adalah menggunakan masker wajah untuk menjaga kelembapan kulit. Sebelum tidur di malam hari, terapkan masker sebagai tambahan pelembap. Pilihlah masker dengan bahan-bahan alami yang dapat memberikan kelembapan, seperti aloe vera, air mawar, madu, atau buah seperti alpukat.

Masker juga dapat memberikan efek menenangkan pada kulit dengan kandungan – kandungannya, serta memberikan sensasi dingin yang menyegarkan saat penggunaannya.

7. Menggunakan Face Mist

Tips mengatasi kulit kering saat umroh selanjutnya ialah menggunakan face mist untuk menyegarkan kulit.

Suhu di Mekah dan Madinah cenderung tinggi, terutama pada siang hari. Untuk menyegarkan kulit tanpa perlu mencuci muka terlalu sering, face mist bisa menjadi solusi yang tepat.

Namun, pastikan untuk menggunakan face mist secukupnya agar sunscreen yang sudah kamu aplikasikan tetap efektif dan tidak luntur.

8. Tidak Sering – sering Mencuci Muka

Tips mengatasi kulit kering saat umroh terakhir adalah tidak sering – sering mencuci muka dengan sabun. Tindakan ini sebaiknya dihindari karena seringnya mencuci muka justru dapat membuat kulit menjadi lebih kering, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Kesegaran sementara yang diperoleh dapat berpotensi menyebabkan masalah kulit di masa depan.

Demikian informasi dari Rawda travel Umroh mengenai tips mengatasi kulit kering saat umroh. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Anda ingin melaksanakan ibadah umroh bingung memilih jasa keberangkatan umroh? Rawda travel Umroh Bandung adalah jawabannya.

Sebagai penyedia jasa keberangkatan umroh yang ada di Bandung, Rawda travel Umroh Bandung siap mengantarkan para jamaah untuk melaksanakan ibadah Umroh insyaAllah mabrur.

Rawda memiliki paket – paket umroh menarik dengan harga ekonomis dan bersaing salah satunya paket umroh plus Turki. Yuk segera realisasikan mengunjungi tanah suci bersama Rawda Travel Umroh.

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh