Jangan Ditrabas! Larangan dan Bahaya Membawa air Zamzam di Koper Pesawat

Jangan Ditrabas! Larangan dan Bahaya Membawa air Zamzam di Koper Pesawat

Sesuai dengan ketentuan penerbangan, jemaah haji yang telah menyelesaikan ibadah mereka diminta untuk tidak memasukkan air zamzam ke dalam bagasi mereka.

Sesuai dengan regulasi penerbangan internasional, pemerintah Arab Saudi memberlakukan aturan ketat terkait air zamzam ini.

Mereka telah menyiapkan alat pemindai multiview untuk menemukan barang-barang yang berpotensi melanggar aturan tersebut.

Dua hari sebelum keberangkatan, proses penimbangan dan pemeriksaan akan dilakukan. Koper yang terdeteksi mengandung air zamzam akan dibongkar dan airnya akan dibuang. Ini aturannya.

Aturan Larangan Membawa Air Zamzam

Larangan membawa air zamzam di dalam bagasi jemaah haji merujuk pada aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (Gaca) Arab Saudi yang dipublikasikan pada Juni 2022.

Aturan ini menegaskan penumpang pesawat yang berangkat dari bandara Arab Saudi harus mematuhi ketentuan tersebut.

Hal ini karena adanya risiko air yang dibawa oleh jemaah haji dapat bocor atau pecah dan menyebabkan kerusakan pada pesawat, termasuk korosi pada badan pesawat atau kerusakan pada peralatan listrik yang rentan terkena air.

Selain itu, air zamzam yang dibawa oleh jemaah haji seringkali tidak dikemas dengan benar, sehingga dapat bocor.

Menurut situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), peraturan penerbangan melarang membawa barang-barang tertentu selama penerbangan. Ini bukan hanya air zamzam.

Adapun barang-barang yang dilarang, yaitu barang yang mudah terbakar atau meledak:

  • Senjata api
  • Senjata tajam
  • Gas
  • Aerosol
  • Cairan melebihi 100 ml
  • Mata uang melebihi Rp100 juta
  • Air zamzam.

Baca juga: Barang – Barang yang Dilarang Dibawa saat Umroh

1. Barang Bagasi Maksimal 32 kg Per Jamaah

Barang bagasi jemaah haji Indonesia akan dikumpulkan terlebih dahulu pada fase pemulangan, kata Edayanti Dasril Munir, Kasie Pelayanan dan Pemulangan (Yanmul) Daker Bandara Jeddah-Madinah.

“Koper bagasi dikumpulkan dua hari sebelum penerbangan. Barang bagasi maksimal 32 kg per jemaah,” tegas Eda, panggilan akrabnya.

City Check akan dilakukan di hotel. Jemaah dapat langsung mendapatkan boarding pass, claim tag, dan bukti bagasi.

Sehingga diharapkan bahwa barang-barang terlarang tidak akan diangkut lagi. Ini didasarkan pada peraturan keselamatan. Menurut Eda, barang-barang yang tidak boleh dibawa termasuk aerosol, bahan yang dapat meledak, senjata tajam, uang, dan air zamzam.

2. Jamaah Haji Jangan Memaksakan Membawa Air Zamzam

Menurut Eda, jika dalam proses pemeriksaan ternyata ada koper yang berisi barang yang dilarang, itu akan dikeluarkan dari bagasi dengan pengawasan CCTV dan petugas PPIH.

Jemaah haji diminta untuk menghindari memasukkan air Zamzam ke dalam bagasi mereka.

Ini karena barang tersebut akan dikembalikan ke Daker Makkah, dan jika tas tersebut ditemukan oleh petugas, itu akan mengganggu penerbangan jemaah.

Ini akan menjadi masalah yang signifikan dan berpotensi menyebabkan penundaan pesawat. Eda mengatakan bahwa jumlah orang dan bagasi harus sama untuk sistem kita.

3. Setiap Jamaah Mendapat 5 Liter Air Zamzam

“Beberapa yang sudah sampai diembarkasi, aman. Setiap jemaah dapat Zamzam 5 liter secara gratis dari pemerintah, setelah pemerintah mengirimkan Zamzam ke Indonesia,” kata Edayanti.

Dia berharap jemaah haji Indonesia mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi, juga dikenal sebagai General Authority of Civil Aviation (GACA).

Perlu diketahui bahwa pemulangan barang bagasi jemaah haji dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, bagasi dikumpulkan di lobi hotel dan ditimbang hingga 32 kg. Kemudian, bagasi diangkut ke gudang untuk diperiksa.

Baca juga: Luruskan Niat Umrah agar Menahan Diri untuk Tidak Pamer di Social Media

Manfaat Air Zamzam

Air Zamzam dikenal suci dan memiliki manfaat pengobatan yang luar biasa untuk berbagai penyakit.

Air Zamzam berasal dari mata air di dekat Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi. Air zam-zam dianggap sebagai oleh-oleh yang sangat dicari ketika datang dari tanah suci.

Air Zamzam dianggap sebagai peninggalan zaman nabi dan tidak pernah klorinasi seperti air mineral lainnya, menurut penelitian.

1. Meningkatkan Energi dalam Sel

Ilmuwan Knut Pfeiffer, kepala pusat kesehatan terbesar di Munich, telah mempelajari air zamzam untuk waktu yang lama.

Salah satu temuan yang paling menarik, yang dibuktikan oleh banyak penelitian dan uji coba, adalah bahwa air zamzam meningkatkan energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia.

2. Tidak Mengandung Kuman atau Bakteri

Karena kandungan fluoridanya yang tinggi, air zamzam benar-benar bebas dari kuman dan bakteri setelah banyak ilmuwan melakukan pengujian menggunakan teknologi ultraviolet di Arab Saudi dan Eropa.

3. Membantu Mengurangi Rasa Lelah

Secara ilmiah, air zamzam memiliki tingkat kalsium dan magnesium yang tinggi yang dapat membantu mengurangi rasa lelah. Selain itu, karena kadar fluorida yang tinggi, air ini memiliki kualitas penyembuhan yang sama dengan obat tradisional.

4. Membuat Tulang yang Sehat

Air zamzam memiliki banyak kandungan kalsium yang baik untuk tubuh manusia, terutama untuk tulang. Tulang memanfaatkan kalsium dan vitamin yang ada di dalamnya untuk pertumbuhan yang lebih baik.

5. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Air zam-zam dikenal suci dan memiliki manfaat pengobatan yang luar biasa untuk berbagai penyakit.

Air zam-zam berasal dari mata air di dekat Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi. Air zam-zam dianggap sebagai oleh-oleh yang sangat dicari ketika datang dari tanah suci.

Ini karena dianggap sebagai peninggalan zaman nabi dan tidak pernah klorinasi seperti air mineral lainnya, menurut penelitian.

Baca juga: Info 10 Hotel Murah di Mekkah untuk Umroh Hemat

Penutup

Segera wujudkan impian Anda untuk melaksanakan Umrah di kota suci dengan layanan terbaik bersama Travel Umroh Rawda. Nikmati pengalaman ibadah yang berkesan dan nyaman.

Manfaatkan juga Promo Travel Umrah Rawda eksklusif kami! Dapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik dengan harga mulai dari 24,9 juta.

Buat Anda yang ingin menjelajahi keindahan destinasi wisata unggulan di Turki bisa dengan Promo Umrah Plus Turki. Temukan pengalaman perjalanan yang penuh makna dan berkesan bersama kami!

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh