Ukuran Koper Umroh: Panduan Praktis Membawa Perlengkapan Seperlunya

ukuran koper umroh

Anda akan melaksanakan ibadah umroh tetapi bingung dengan keperluan yang akan dibawa? Tenang saja karena rawda akan membantu Anda untuk memberikan panduan praktis membawa perlengkapan serta memberikan rekomendasi ukuran koper umroh yang cocok untuk dibawa. Simak penjelasannya berikut ini.

Ibadah Umroh adalah salah satu bentuk ibadah haji dalam agama Islam. Umroh merupakan perjalanan ke kota suci Mekkah yang dapat dilakukan oleh umat Islam kapan saja selama tahun, tidak terikat pada waktu-waktu tertentu seperti ibadah haji. Umroh dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, meskipun tidak wajib seperti haji.

Menjalankan ibadah umroh ke Tanah suci merupakan perjalanan jauh yang membutuhkan perlengkapan yang diperlukan untuk keperluan selama menjalani ibadah di lokasi yang dituju. Untuk dapat mengangkut perlengkapan tentunya membutuhkan barang yang dapat untuk mengangkut perlengkapan seperti koper.

Besarnya koper sangat memengaruhi barang-barang yang akan dibawa selama umroh. Dasar dari umroh dan haji membutuhkan barang yang serupa, namun umroh memiliki durasi yang lebih singkat daripada haji. Oleh karena itu, tentunya akan memerlukan koper berukuran sedang agar dapat melaksanakan ibadah dengan leluasa tanpa harus membawa koper yang berat.

Ukuran Koper Umroh

https://www.rawdaumroh.com

Menjalankan ibadah umroh tentunya membutuhkan koper untuk dibawa sebagai barang yang dapat memuat perlengkapan selama menjalani ibadah Umroh. Perjalanan jauh dalam melaksanakan ibadah umroh memerlukan persiapan yang teliti, termasuk dalam hal merencanakan packing barang kebutuhan.

Idealnya, semua peralatan harus disusun rapi dalam koper atau tas travel yang kokoh dan tahan sobek. Tetapi sebenarnya, sebagian besar jamaah haji dan umroh lebih memilih untuk menggunakan koper karena terbukti aman dan tidak mudah bocor. Berbeda dengan tas plastik besar, tas karung, atau tas kain yang rentan sobek ketika membawa beban yang berat.

Sebelum memutuskan jenis koper yang akan digunakan, disarankan untuk mengetahui berbagai ukuran koper yang tersedia untuk umroh. Berikut adalah beberapa Ukuran koper umroh yang cocok untuk dibawa

1. Koper 16 Inch

Ukuran koper umroh pertama yang dapat dibawa adalah koper dengan ukuran 16 inch. Koper 16 Inch adalah jenis koper yang paling kecil dengan dimensi 32 x 17 x 47 cm.

Koper ini cocok untuk perjalanan singkat sekitar 3 hari dengan barang-barang yang tidak terlalu banyak.

Jamaah umroh mungkin perlu membawa tas tambahan untuk memuat semua kebutuhan umroh, namun perlu diingat bahwa umroh biasanya berlangsung selama sekitar 9 hari, sehingga pertimbangkan untuk memilih koper yang tidak terlalu kecil, kecuali jika berencana membawa koper dan tas traveling sebagai satu set.

2. Koper 20 Inch

Ukuran koper umroh kedua adalah koper dengan ukuran 20 Inchi. Koper 20 Inch memiliki dimensi sekitar 34 x 21 x 53 cm, serupa dengan koper 16 inch namun sedikit lebih besar.

Meskipun bisa memuat sedikit barang, perbedaannya tidak terlalu signifikan dibanding koper 16 inch. Untuk keberangkatan umroh, jamaah umroh bisa mempertimbangkan koper ukuran lain yang lebih besar, kecuali jika ingin membawa barang ke dalam kabin, maka koper 20 inch adalah pilihan yang tepat untuk persiapan minimalis.

3. Koper 22 Inch

Ukuran koper umroh yang cocok untuk dibawa untuk menjalankan ibadah umroh ke tanah suci selanjutnya ialah koper dengan ukuran 22 Inchi.

Koper 22 Inch adalah jenis koper umroh dengan ukuran medium atau sedang, berdimensi 28 x 22 x 58 cm. Koper ini lebih besar daripada koper sebelumnya dan cocok untuk perjalanan dalam waktu seminggu lebih.

Ideal untuk umroh 9 hari dengan barang bawaan yang tidak terlalu banyak, memungkinkan jamaah umroh dapat fokus pada perlengkapan utama untuk beribadah.

4. Koper 24 Inch

Ukuran koper umroh selanjutnya adalah koper dengan ukuran 24 Inchi. Koper 24 Inch merupakan ukuran yang umum digunakan untuk liburan panjang, dengan muatan beban hingga 26 kilogram.

Biasanya kper ini dapat dimasukkan ke dalam bagasi karena dimensinya terlalu besar untuk masuk ke dalam kabin. Pertimbangkan kepraktisan dan kebutuhan para jamaah selama umroh sebelum memilih opsi koper ini.

5. Koper 28 Inch

Terakhir, ukuran koper umroh yang cocok untuk dibawa selama menjalankan ibadah umroh adalah koper dengan ukuran 28 Inchi. Koper 28 Inch direkomendasikan oleh banyak travel agen umroh dan haji.

Koper ini dapat menampung semua peralatan dan perlengkapan dengan ukuran dimensi 47 x 32 x 73 cm. Cocok untuk umroh selama 12 hari atau lebih tanpa perlu membawa tas tambahan. Setelah selesai umroh, koper ini juga bisa digunakan untuk membawa oleh-oleh pulang ke tanah air.

Tips Memilih Ukuran Koper Umroh

Jamaah umroh seringkali membawa satu koper dan tas selempang praktis. Oleh karena itu, kebutuhan utama selama umroh dapat ditempatkan di dalam koper, sementara tas selempang digunakan untuk menyimpan berbagai barang yang diperlukan selama di pesawat atau perjalanan, seperti dokumen penting, paspor, uang, obat-obatan, ponsel, dan sebagainya.

Para jamaah umroh dapat membeli koper untuk keperluan umroh sesuai dengan kebutuhan pribadi. Namun, penting untuk mengetahui bahwa ada aturan tertentu untuk koper yang dibawa ke tanah suci. Oleh karena itu, sebelum membeli koper dengan ukuran tertentu, disarankan untuk memahami aturan-aturan terkait koper yang dapat Anda bawa.

1. Membawa Ukuran Koper Umroh yang Sesuai

Peraturan terkait koper untuk umroh dan haji lebih bersifat sebagai panduan agar sesuai dengan kebutuhan di tanah suci dan tidak berlebihan. Biasanya ukuran koper yang dibawa ini adalah koper dengan ukuran 28 Inchi karena tidak terlalu besar dan memiliki ukuran standart yang cocok untuk menjalankan ibadah umroh selama 9 hingga 12 hari.

2. Tidak Terlalu Berat

Tidak hanya ukuran, berat koper juga memiliki peran yang signifikan. Idealnya, berat total koper beserta isinya tidak melebihi 32 kilogram.

Jika diperhatikan, umumnya bahan koper untuk umroh terbuat dari kain yang kuat dan ringan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa berat koper ketika memilihnya untuk umroh.

3. Barang Bawaan yang Dilarang

Perjalanan umroh sering dianggap sebagai perjalanan ke tempat yang sulit mendapatkan makanan dan kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu, beberapa jamaah umroh seringkali membawa barang seperti pisau dapur, korek api, magicom, kompor, dan spirtus.

Namun, perlu diingat bahwa jamaah umroh tidak diperbolehkan membawa benda tajam, barang yang mudah meledak, dan cairan kimia berbahaya.

Dengan mengurangi barang-barang yang tidak perlu, jamaah umroh sebenarnya tidak memerlukan koper yang terlalu besar. Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini saat mempersiapkan kebutuhan untuk umroh.

Rekomendasi Ukuran Koper Umroh Sesuai Dengan Pedoman Keputusan Penyelenggaraan Haji dan Umroh

Berdasarkan keputusan direktur jenderal penyelenggaraan haji dan umroh Nomor 113 tahun 2018 telah dijelaskan tentang spesifikasi tas koper besar yang dapat dibawa untuk berangkat umroh.

Ukuran koper umroh memiliki panjang 68 cm dengan tinggi 48 cm, dan lebar 23 cm berbentuk kotak persegi panjang. Roda dari koper yakni 2 roda tanpa trolly dengan bahan polyester type 600D kerapatan benang 62T serta memiliki ketebalan 0,6 mm bahan PVC pada bagian belakang.

Untuk warna koper disesuaikan dengan warna identitas perusahaan penerbangan. Pada lapisan dalam PVC terdapat logo perusahaan penerbangan dengan tebal 0,15 mm warna dasar sesuai dengan warna identitas perusahaan penerbangan.

Tas koper memiliki rangka utama terbuat dari besi dengan lebar 4,5 cm dan tebal 0,7 mm serta menggunakan bending. Untuk rangka frame berbentuk ring terbuat dari besi baja dengan ukuran diameter 3 mm menggunakan kancing paku penguat kerangka utama mengelilingi koper berjumlah 9 buah dan terbuat dari besi nikel.

Mengenai tali pengikat luar koper menggunakan bisband dilengkapi dengan pengunci. Untuk pegangan koper terbuat dari plastik yang kuat dilingkari oleh rangka besi berbentuk ring yang dibalut dengan kulit imitasi.

ada bagian dalam koper harus terdapat elastic band diberi pengunci, kantong dalam, dan alas koper berbahan PVC.

Bagi para jamaah umroh Indonesia pada bagian depan tas terdapat sablon bendera merah putih, memiliki logo kementerian agama dan logo perusahaan penerbangan.

Untuk kekuatan tas minimal dapat mengangkut beban sebesar 32 kg serta memiliki label bagasi sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh kementerian Agama.

Sekian informasi dari rawda travel umroh Jakarta mengenai ukuran koper umroh yang dapat para jamaah sesuaikan dengan kebutuhan. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh tapi masih bingung mencari biro travel umroh, percayakan saja perjalanan umroh bersama dengan Rawda travel Umroh Bandung.

Rawda travel Umroh Bandung sebagai pelayanan jasa keberangkatan umroh telah berpengalaman dalam mengantarkan para jamaah untuk berangkat umroh. Selain itu, rawda memiliki berbagai paket yang dapat para calon jamaah umroh sesuaikan seperti umroh plus Turki.

Dapatkan pengalaman umroh tak terlupakan bersama Rawda travel Umroh. Umroh bersama Rawda travel InsyaAllah Mabrur.

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh