10 Panduan Mencari Agen Umroh yang Amanah

10 Panduan Mencari Agen Umroh yang Amanah

Terdapat banyak sekali agen umroh yang ada di Indonesia. Mereka saling berkompetisi dalam memberikan fasilitas menarik dengan harga yang terjangkau demi menarik perhatian calon jamaah umroh. Namun, sebagai calon jamaah, Anda tidak boleh asal pilih. Hal ini dikarenakan banyak agen umroh yang melakukan penipuan. Berikut adalah 10 panduan mencari agen umroh yang Amanah.

1. Pastikan Agen Travel Memiliki Perizinan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa perizinan agen travel umroh. Caranya yaitu dengan mengakses situs resmi Kemenag RI di simpu.kemenag.go.id. Kemenag menyediakan situs resmi tersebut agar bisa digunakan bagi masyarakat untuk memeriksa perizinan agen travel umroh.

Pada website Kemenag, anda bisa mencari tahu izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) dan juga melakukan pengaduan apabila ada agen travel umroh yang terbukti melakukan penipuan. Dengan melakukan pengecekan perizinan, Anda bisa terhindar dari oknum yang melakukan penipuan.

2. Mempertimbangkan Harga

Tahap selanjutnya dalam panduan mencari agen umroh yang amanah yaitu melakukan pertimbangan harga. Anda perlu membaca secara rinci mengenai layanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh agen umroh.

Sebagai patokan, Kemenag mengestimasikan biaya umroh pada tahun 2022 sekitar Rp 20 juta. Sebaiknya Anda sudah menyiapkan biaya umroh diatas patokan tersebut. Hal ini dikarenakan pada tiap-tiap agen umroh memiliki paket dengan tarif yang berbeda sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan.

Patokan biaya umroh di atas adalah untuk umroh reguler. Terdapat layanan paket travel dengan harga yang lebih tinggi karena adanya tambahan-tambahan lain. Contohnya yaitu tambahan liburan ke negara lain seperti Turki dan Mesir.

Umumnya biaya umroh sudah mencakup berbagai hal berikut ini:

  • Kegiatan manasik sebelum melaksanakan umroh.
  • Biaya pembuatan visa umroh dan berbagai dokumen penting lainnya.
  • Tiket pesawat pulang dan pergi.
  • Hotel atau penginapan.
  • Konsumsi atau catering makanan.
  • Biaya ziarah ke tempat-tempat lain.
  • Transportasi selama di Tanah Suci.
  • Tambahan biaya wisata ke negara lain.
  • Biaya tambahan lain yang ditentukan oleh masing-masing agen umroh.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pertimbangan harga secara seksama. Jangan mudah tergiur dengan tarif umroh yang terlalu murah. Hal tersebut biasanya merupakan jebakan yang dilakukan oleh oknum travel yang melakukan penipuan.

3. Memahami Fasilitas yang Diberikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, masing-masing agen travel menyediakan harga yang berbeda karena fasilitasnya juga berbeda. Fasilitas ini biasanya dikenal dengan istilah paket, ada paket A, paket B, paket plus, dan masih banyak lagi.

Pahami fasilitas dari masing-masing paket lalu pilihlah yang paling sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki. Hindari memilih agen umroh yang menawarkan fasilitas mewah namun harganya jauh di bawah standar karena berisiko penipuan.

4. Durasi Umroh

Umumnya durasi pelaksanaan ibadah umroh sekitar 6 sampai 7 hari saja. Apabila ditambah dengan waktu perjalanan pulang dan pergi, maka bisa mencapai 9 hari. Durasi ini umum ditawarkan pada calon jamaah yang hendak melaksanakan ibadah umroh.

Selain itu, banyak juga agen umroh yang menyediakan paket plus atau eksklusif dengan menambah wisata ke negara-negara lain seperti Turki atau Mesir. Jika memilih paket tersebut, maka durasi umroh juga lebih panjang. Biasanya mencapai 12 sampai 14 hari.

Anda bisa memilih paket ibadah umroh yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila agen umroh menawarkan durasi umroh yang jauh berbeda dengan durasi standar, maka Anda perlu meneliti lebih lanjut tentang jadwal keberangkatan dan jadwal kegiatannya.

5. Jumlah Kuota Jemaah

Penting untuk memahami dan memeriksa jumlah kuota jamaah yang ditawarkan oleh agen umroh. Sebuah agen yang bertanggung jawab dan amanah akan menetapkan jumlah kuota yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya untuk memberikan pelayanan yang baik. Kuota yang terlalu besar dapat mengakibatkan penurunan kualitas layanan, kepadatan di tempat-tempat ibadah, dan berbagai kendala logistik. Oleh karena itu, sebaiknya hindari agen yang menetapkan kuota jamaah secara berlebihan tanpa mempertimbangkan aspek-aspek kenyamanan dan pelayanan yang optimal.

6. Masa Tunggu

Panduan mencari agen umroh yang amanah selanjutnya yaitu memerhatikan masa tunggu. Menurut Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018, batas masa tunggu ibadah umroh maksimal yaitu 6 bulan sejak pertama kali pendaftaran.

Penetapan masa tunggu ini bertujuan untuk mengurangi para oknum penipuan agen umroh yang menjanjikan untuk memberangkatkan jamaah dalam waktu secepatnya. Anda perlu menghindari agen umroh yang menawarkan masa tunggu yang sangat singkat. Contohnya yaitu ‘minggu depan bisa langsung berangkat umroh’.

7. Asuransi Perjalanan

Pastikan pula biro perjalanan umroh menyertakan asuransi perjalanan dalam paketnya. Asuransi perjalanan memberikan perlindungan tambahan terhadap kemungkinan risiko selama perjalanan, termasuk keterlambatan atau pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, atau masalah kesehatan.

Agen yang amanah akan memprioritaskan kesejahteraan dan keamanan jamaah, sehingga menyertakan asuransi perjalanan adalah tanda komitmen terhadap perlindungan jamaah. Sebelum memilih agen umroh, pastikan untuk memahami cakupan asuransi yang disediakan dan membaca syarat-syaratnya secara teliti untuk memastikan bahwa jamaah mendapatkan perlindungan yang memadai.

8. Memastikan Kejelasan Jadwal Keberangkatan

Langkah selanjutnya yaitu memastikan kejelasan jadwal keberangkatan. Jadwal yang harus di cek bukan hanya tanggal dan jam keberangkatannya saja, namun juga jadwal aktivitas atau itinerary selama berada di Tanah Suci.

Agen umroh terpercaya biasanya sudah menyiapkan rincian perjalanan sejak jauh-jauh hari. Anda harus waspada apabila terjadi penundaan keberangkatan yang lebih dari satu bulan serta itinerary berubah-ubah.

9. Fasilitas Medis Yang Memadai

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa agen umroh menyediakan fasilitas medis yang memadai selama perjalanan umroh. Biro jasa Umroh yang amanah akan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan jamaah, sehingga penyediaan fasilitas medis menjadi suatu keharusan. Fasilitas medis ini dapat mencakup layanan pertolongan pertama, klinik kesehatan, atau bahkan kerja sama dengan rumah sakit setempat.

Ketika menjalankan ibadah umroh, kesehatan jamaah menjadi hal utama dalam memastikan bahwa perjalanan dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Oleh karena itu, biro jasa umroh yang amanah akan memastikan bahwa ada dukungan kesehatan yang tersedia, terutama mengingat berbagai tantangan yang mungkin dihadapi selama perjalanan, seperti perubahan iklim, kelelahan, dan adaptasi terhadap lingkungan baru.

10. Kualitas Pelayanan

Anda juga perlu memperhatikan kualitas pelayanan pelanggan yang diberikan oleh agen umroh. Agen yang amanah akan memberikan pelayanan pelanggan yang responsif, informatif, dan ramah. Sebuah layanan pelanggan yang baik tidak hanya memberikan informasi yang jelas tentang perjalanan umroh, tetapi juga siap membantu jamaah menjawab pertanyaan, mengatasi masalah, dan memberikan dukungan selama proses perjalanan. Responsibilitas agen dalam merespon pertanyaan dan kebutuhan jamaah adalah indikasi penting dari profesionalisme dan keamanahan sebuah biro jasa.

Salah satu agen umroh terpercaya yang menawarkan berbagai jenis paket umroh yaitu Rawda Travel. Rawda travel tidak hanya menyediakan paket umroh reguler saja, namun juga paket umroh plus Turki. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai berbagai fasilitas yang ditawarkan, silakan kunjungi rawdaumroh.com.

Semoga beberapa panduan mencari agen umroh yang amanah dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan. Pastikan untuk selalu menerapkan tips di atas saat akan mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah umroh.

Share the Post: