7 Lokasi Wisata Istanbul Turki yang Terkenal

wisata Istanbul Turki

Istanbul merupakan salah satu kota di Turki yang menjadi destinasi tujuan para wisatawan dari luar negeri. Ada beberapa wisata Istanbul Turki yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda kunjungi. 

Turki merupakan negara yang terkenal akan sejarahnya. Turki juga menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi para wisatawan Indonesia. Ada banyak peninggalan kerajaan Islam kuno yang dapat Anda temukan ketika berkunjung Turki. 

Negara Turki sendiri berada di antara dua benua, yaitu benua Eropa dan benua Asia. Turki menjadi pintu masuk bagi wisatawan Indonesia yang hendak berlibur ke Eropa. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa Turki menarik untuk dikunjungi. 

wisata Istanbul Turki

Rekomendasi Wisata Istanbul Turki

Apakah Anda tertarik untuk berlibur ke Turki? Mulailah untuk merencanakan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi. 

Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata Istanbul Turki yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda bersama keluarga atau teman Anda. 

1. Hagia Sophia (Ayasofya)

Rekomendasi wisata Istanbul Turki yang pertama adalah Hagia Sophia. Hagia Sophia merupakan bangunan yang menyimpan sejarah panjang yang wajib Anda kunjungi saat berada di Turki. 

Pada awalnya, Hagia Sophia dibangun sebagai gereja pada masa Kekaisaran Bizantium, tepatnya pada abad ke-6. Bangunan ini kemudian diubah menjadi masjid oleh Kekaisaran Ottoman pada abad ke-15. 

Setelah diubah menjadi masjid, Hagia Sophia juga pernah difungsikan sebagai museum. Namun, bangunan ini diubah kembali menjadi masjid. 

Salah satu keunikan dari Hagia Sophia terletak pada bagian kubahnya. Kubah bangunan ini begitu megah dengan diameter mencapai 31 meter. 

Bagian dalam kubah dihiasi dengan mozaik, marmer, serta ornamen yang begitu indah. Bangunan ini memiliki perpaduan arsitektur Bizantium, Romawi, dan Islam yang membuat para pengunjung terpukau akan keindahan Hagia Sophia. 

Bangunan yang menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO ini memiliki mozaik yang melambangkan dua agama yang saling berdampingan, yaitu Islam dan Kristen.

Apabila Anda berwisata di kawasan Hagia Sophia, Anda juga bisa mengunjungi Masjid Biru. Masjid Biru ini masih berada di kawasan yang sama dengan Hagia Sophia.

2. Masjid Biru (Sultan Ahmed Camii)

Rekomendasi wisata Istanbul Turki yang kedua adalah Masjid Biru. Masjid ini merupakan salah satu masjid terkenal yang ada di dunia. 

Masjid Biru dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Ahmed I. Salah satu keunikan masjid ini yaitu kubahnya yang berwarna biru. 

Masjid yang menjadi salah satu landmark ikonik di Istanbul ini memadukan antara unsur-unsur seni Usmaniyah yang anggun dengan sentuhan seni Islam klasik. Bangunan masjid ini diberi nama “Masjid Biru” karena dekorasi masjid ini yang memiliki 21.043 ubin keramik biru pada bagian dinding dan langit-langit masjid. 

Masjid Biru memiliki desain arsitektur bergaya Timur Tengah dan Romawi. Di bagian dinding dan langit-langit masjid, pengunjung dapat melihat keindahan desain flora. Selain itu, lampu-lampu kristal yang ada di Masjid Biru membuat masjid ini tampak lebih cantik dan megah. 

3. Basilika Cistern

Rekomendasi wisata Istanbul Turki selanjutnya adalah Basilika Cistern. Basilika Cistern ini merupakan bangunan penyimpanan air bawah tanah. 

Penyimpanan air ini dibangun pada abad ke-6 di zaman Kekaisaran Bizantium. Tempat ini kemudian digunakan untuk memasok air ke Istana Topkapi serta area di sekitarnya pada masa kerajaan Ottoman. 

4. Istana Topkapi

Apabila Anda pergi ke Turki, kurang lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi salah satu wisata Istanbul Turki yang terkenal, yaitu Istana Topkapi. 

Istana yang dibangun pada abad ke-15 ini dulunya menjadi tempat kediaman para Sultan Ottoman. Ada banyak benda bersejarah, termasuk mahkota, permata, serta koleksi seni yang ada di Istana Topkapi ini. 

Setelah Istanbul ditaklukkan oleh Muhammad Al Fatih (Fatih Sultan Mehmet), ibu kota kerajaan pun dipindah dari Edirne ke Istanbul. Sultan pun akhirnya membangun istana baru di Istanbul. Hingga akhirnya Istana Dolmabahce pun dibangun pada abad ke-19 yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan dan rumah tinggal para Sultan Usmaniyah. 

Istana Topkapi menyimpan baju jubah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, ada juga janggut dan wadah yang menjadi tempat untuk gigi Nabi Muhammad SAW yang patah saat Perang Uhud. Tidak hanya itu, ada juga surat-surat, panah, pedang, serta mangkuk tempat minum air Nabi Muhammad SAW di istana ini. 

5. Grand Bazaar

Wisata Istanbul Turki berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Grand Bazaar. Grand Bazaar ini merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia. 

Di Grand Bazaar, ada lebih dari 4.000 toko yang menjual berbagai macam barang, mulai dari tekstil, perhiasan emas, aksesoris, rempah-rempah, bahkan barang-barang antik. 

Grand Bazaar bisa menjadi tempat untuk berbelanja souvenir. Di pasar ini, Anda dapat membeli berbagai jenis barang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. 

6. Galata Tower

Berikutnya ada Galata Tower. Galata Tower ini merupakan menara observasi yang lokasinya berada di tepi Golden Horn. Menara ini dibangun pada abad ke-14. 

Galata Tower menjadi salah satu wisata Istanbul Turki yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Menara ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam di Istanbul. Di puncak menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan berbagai bangunan bersejarah yang ada di sekitar Galata Tower. 

7. Selat Bosphorus

Rekomendasi wisata Istanbul Turki yang terakhir adalah Selat Bosphorus. Selat Bosphorus ini merupakan selat yang memisahkan antara Eropa dan Asia. Selat ini menjadi salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia. 

Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan kota yang begitu indah. Selain itu, di Selat Bosphorus ini, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menaiki perahu, berjalan-jalan, berbelanja, atau menikmati kuliner khas Turki. 

Itu dia beberapa rekomendasi wisata Istanbul Turki. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menemukan destinasi wisata Istanbul Turki yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, rencanakan liburan Anda dengan baik agar tidak ada keindahan Istanbul Turki yang Anda lewatkan. 

Travel Umroh Rawda merupakan biro perjalanan umroh terpercaya yang sudah berdiri sejak 2003. Kepuasan para jamaah merupakan prioritas utama dari biro perjalanan umroh ini. Memiliki izin resmi dari Kementerian Agama, Rawda Travel siap mengantarkan Anda untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah. Bagi Anda yang sedang mencari travel Umroh Jakarta, Travel Umroh Rawda menawarkan berbagai paket umroh, seperti Paket Umroh Plus Turki. Anda bisa menunaikan ibadah umroh sekaligus berlibur ke Turki.  

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh