Mengenal 20 Kuliner Khas Turki Paling Andalan

Mengenal 20 Kuliner Khas Turki Paling Andalan

Kuliner khas Turki yang paling jadi favorit mu apa? Kalau membicarakan kuliner khas Turki mungkin pikiran Anda sudah ke arah Kebab Turki!

Benar sekali, tidak hanya di Indonesia yang puny a banyak makanan khas, negara Turki pun juga memilikinya. Beberapa di antaranya menjadi street  food di Indonesia, ya contohnya Kebab Turki.

Makanan Turki biasanya berbahan dasar daging-dagingan, tetapi juga banyak yang mengandung sayur. Bumbu yang digunakan mengandung banyak rempah, mirip makanan khas India dan Indonesia.

Gak salah jika negara Turki menjadi destinasi wisata favorit orang-orang Indonesia. Lalu apa saja kuliner khas Turki yang menjadi favorit serta paling banyak dijadikan oleh-oleh? Simak terus artikel ini!

20 Kuliner Khas Turki Paling Andalan

Ngomong-ngomong soal makanan, hidangan khas Turki jadi salah satu menu yang wajib Anda coba, terutama buat kamu yang suka banget dengan masakan kaya rempah. Ingin mencoba salah satunya? Yuk, simak rekomendasi makanan khas Turki paling populer berikut ini.

1. Manti

Makanan Turki yang hampir mirip dengan siomay di Indonesia disebut Manti, terbuat dari tepung tipis dengan isian daging dan berbagai bumbu rempah, dan mirip dengan siomay.

Ukuran membedakannya dengan siomay. Manti biasanya kecil dan tipis.

Selain itu, cara penyajiannya. Manti di Turki biasanya disajikan dengan saus tomat, yogurt, dan bawang, yang membuatnya kaya dan lezat. Banyak tempat makan seperti ini di Istanbul.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Umroh: Membawa Kenangan dari Tanah Suci

2. Dondurma

Jika Anda pernah melihat video di mana penjual ice cream bermain-main dengan memutar ice cream dengan stik panjang, itu disebut “Dondurma”. Atraksi itu menyenangkan, dan cara mereka melayani pelanggannya juga menyenangkan.

Dondurma tidak selalu disajikan dengan cone, tetapi lebih sering disajikan dengan baklava dan makanan Turki lainnya.

Bahan dasar dondurma adalah susu kambing, dan bumbu salep, yang berasal dari anggrek, memberikan rasa yang lebih manis, chewy, dan creamy, yang membedakannya dari kebanyakan ice cream.

3. Baklava

Baklava adalah hidang manis atau dessert yang berbentuk kotak kecil dengan berbagai lapisan. Bagian dalamnya creamy dan luarnya empuk. Rasa manisnya menyentuh mulut Anda dengan sekali gigitan.

Terbuat dari adonan tepung tipis yang dilapisi, baklava ini memiliki isian sederhana yang biasanya terdiri dari kacang-kacangan (walnut, pistachios, atau hazelnut) dan sirup manis yang khas.

Sirupnya biasanya dibuat dengan gula, air, dan perasan lemon, yang membuatnya memiliki rasa yang unik.

4. Kumpir

Salah satu makanan khas Turki yang terkenal di jalan-jalan adalah kumpir. Kumpir ini terbuat dari bahan yang sederhana seperti kentang panggang dengan berbagai isian, biasanya daging, sayuran hijau, kacang, keju, saus, dan lainnya.

Dengan jumlah 600 kalori per porsi, street food ini ternyata cukup mengenyangkan. Anda akan ketagihan kumpi ini karena rasanya yang unik dan bumbunya yang nendang.

5. Simit

Donat, roti bulat yang berlinang di tengahnya, juga dikenal di Indonesia. Simit dan donat berbeda di Turki karena ukuran, rasa, dan toppingnya.

Cara membuatnya juga berbeda dengan donat: sirup buah ditambahkan ke adonan yang sudah kalis sebelum digoreng atau dipanggang. Setelah beberapa waktu, adonan tiu baru dipanggang dengan taburan wijen.

6. Kofte

Kofte, yang mirip dengan bakso di Indonesia, dibuat dengan daging sapi, kambing, atau ayam yang digiling dan dibuat dengan campuran tepung panir, telu, dan berbagai rempah.

Namun, bentuk kofte ini berbeda dengan bakso. Bentuknya mirip patty berukuran kecil.

Selain itu, proses makanannya berbeda karena dagingnya tidak direbus tetapi dipanggang, membuat rasanya lebih gurih dan aromanya lebih kuat.

7. Menemen

Apakah Anda suka telur? Jika Anda penggemar telur, Anda harus mencoba makanan ini. Terlihat seperti scramble egg, tetapi rasanya lebih kaya dan akan membuat Anda ngiler.

Cara membuatnya sangat mudah: aduk telur dan campurkan berbagai rempah yang Anda pilih. Anda dapat membalik telur dan memastikan kedua sisinya matang merata sebelum telur benar-benar matang atau garing.

Baca juga: 12 Kuliner Khas Mekkah Madinah: Mencicipi Cita Rasa Khas Makanan Arab

8. Kebab

Kebab, siapa yang tidak tahu? Salah satu makanan khas Turki yang paling populer di Indonesia adalah kebab, yang rasanya pasti tidak asing lagi bagi banyak orang.

Hidangan ini disajikan dengan balutan roti pita yang memiliki berbagai isian, mulai dari isian sayur yang lengkap hingga campuran sayuran dan daging, dan diakhiri dengan saus yang lezat.

9. Biber Dolma

Makanan khas Turki dengan paprika ini mungkin sulit ditemukan di Indonesia. Bentuknya seperti tahu isi; tahu isi menggunakan tahu sebagai kulitnya, dan makanan ini menggunakan paprika sebagai kulitnya.

Biber Dolma memiliki banyak isian, termasuk nasi, bawang, tomat, kacang-kacangan, gula, dan berbagai rempah-rempah yang lezat.

Pembuatannya juga cukup mudah. Bagian tengah paprika harus dihilangkan, lalu isi dengan isian yang sudah dibuat sebelumnya.

10. Nohutlu Pilav

Makanan khas Turki yang terbuat dari nasi dapat dicoba jika Anda pergi ke Turki.

Nohutlu Pilav adalah makanan yang terbuat dari butiran nasi, kacang, dan mentega yang jika dimakan akan menyatu. Anda dapat menambahkan cabai ke dalam mangkuk jika Anda menyukai rasa pedas.

Selain itu, cara membuatnya mudah dan sederhana karena Anda hanya perlu menyiapkan nasi putih, kacang arab, minyak nabati, bawang bombay, dan berbagai jenis sayuran erta potongan daging jika Anda mau.

Cara memasaknya hampir sama dengan nasi goreng.

11. Pide

Pide adalah jenis pizza dengan berbagai topping, bahkan dijuluki sebagai pizza Turki. Namun, pide memiliki bentuk yang berbeda dari pizza biasa, yang berbentuk bulat, karena dilipat dan memanjang seperti daun.

Roti pipih ini dipanggang di dalam oven dengan cara memasak tradisional menggunakan kayu bakar. Ini dilengkapi dengan berbagai topping, seperti telur, daging domba cincang, partami, sayuran, dan keju.

12. Sarma

Di Indonesia, makanan ini mirip dengan nagasari, botok, buntil, lemper, atau lepet. Sarma ini adalah makanan yang dibungkus dengan sayuran hijau.

Daun anggur biasanya digunakan untuk membungkus sarma dengan berbagai isian, termasuk yang berdaging atau tidak.

Biasanya dilengkapi dengan daging, nasi, daging, biji cemara, bawang merah, mentega, dan rempah-rempah. Sebaliknya, versi tanpa daging biasanya mengandung sayuran, buah, dan rempah-rempah.

13. Hummus

Sekilas, makanan ini seperti bubur, saus cocol mayonaise, atau selai.

Kuliner khas Turki ini terbuat dari kacang arab yang digiling dan dicampur dengan tahini (atau biji wijen giling), minyak zaitun, air, jeruk limau, bayang putih, dan garam untuk penyedap. Saat ini, hummus sangat populer di negara bagian timur tengah termasuk Afrika Utara.

14. Tabouleh

Makanan-makanan ini biasanya berbahan dasar daging, tetapi yang satu ini terbuat dari sayuran. Tabouleh adalah kuliner khas Turki dengan banyak sayuran di dalamnya.

Makanan yang satu ini pasti sangat baik untuk tyrin. Tabouleh terbuat dari berbagai jenis sayuran yang dicincang halus dan kemudian dicampur ke dalam wadah bersama bumbu penyedap.

Salad Turki adalah nama lain untuk makanan ini. Sayur-sayuran seperti bulgur, peterseli, daun mint, dan tomat biasanya ada dalam satu porsi makanan ini. Bawang merah dan bawang putih dicampur dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.

Baca juga: Tata Cara Zakat Fitrah: Cara Mudah Membayar dan Menyalurkan

15. Meze

Makanan pembuka khas Turki biasanya terdiri dari porsi kecil dan disajikan dengan minuman. Ratusan jenis meze ada di dunia.

Dolma adalah salah satu jenis meze terkenal. Berbagai kelompok rasa biasanya ditemukan dalam meze; ini dapat manis, asam, gurih, atau bahkan pedas.

Meze juga dapat terbuat dari daging sapi, daging ayam, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

16. Souvlaki

Roti gulung Turki adalah nama kuliner khas Turki yang mirip dengan roti pide. Bisa makan roti ini pagi, siang, sore, atau malam.

Makanan ini biasanya dimakan untuk mengisi perut saat berpergian jauh dan tidak ada waktu untuk memasak di rumah.

Daging sapi, bawang putih, daun selada, timun, tomat, parsley, yogurt, dan bumbu rempah khas Turki lainnya dimasukkan ke dalam roti panggang ini.

17. Lokum

Lokum adalah makanan khas Turki yang biasa diberikan kepada wisatawan sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Ini adalah camilan manis yang terbuat dari tepung dan gula atau madu.

Lokum ini menarik dengan ragam bentuk yang menarik. Teksturnya sangat asli, karena hampir sama. Turkish delight adalah nama lain untuk makanan ini.

Anda dapat memilih rasa kayu manis, mint, lemon, jeruk, atau air mawar dari lokum ini. Makanan ini biasanya dimakan saat berbuka puasa di Turki.

18. Pilav

Makanan khas Turki yang disebut pilav adalah makanan berat yang dimakan sebagai camilan. Mungkin grameds bingung kenapa ini hanya dianggap sebagai camilan meskipun termasuk makanan berat?

Nasi dicampur dengan minyak zaitun dan kacang kuda untuk membuat makanan ini, tetapi jika Anda ingin isian seperti daging ayam, itu juga bisa ditambahkan.

19. Dürüm

Banyak jenis kebab Turki. sama seperti kebab durum. Kebanyakan kebab terdiri dari berbagai jenis sayuran. Selain sayuran, durum juga tetap menjadi kebab karena ada daging di dalamnya.

Durum ini biasanya disajikan dengan roti pide.

20. Kokoretsi

Kuliner khas Turki ini terbuat dari daging. Daging domba atau kambing yang dimasak bersama jeroannya biasanya digunakan. Kokoretsi atau kokorek ini juga dapat dibuat dengan usus kambing atau domba.

Menggabungkan daging dengan bumbu yang terbuat dari minyak zaitun, garam, lada, oregano, dan perasan lemon adalah caranya.

Usus domba atau kambing digunakan untuk membuntel jeroannya hingga tertutup, kemudian dibakar di atas bara api atau alat pemanggang. Makanan ini biasanya disajikan dengan roti baguette yang ditaburi oregano dan paprika.

Penutup

Nah, itu dia, referensi kuliner khas Turki yang bisa dijadikan pilihan jika kalian sedang berkunjung ke Turki. Sekarang tidak akan kebingungan lagi deh untuk memilih makanan khas Turki.

Makanan khas Turki ini sudah pasti lezat, lho. Ini saatnya kamu terbang ke Turki dan cicipi makanan khas Turki ini secara langsung!

Segera wujudkan impian Anda untuk melaksanakan Umrah di kota suci dengan layanan terbaik bersama Travel Umroh Rawda. Nikmati pengalaman ibadah yang berkesan dan nyaman.

Manfaatkan juga Promo Travel Umrah Rawda eksklusif kami! Dapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik dengan harga mulai dari 24,9 juta.

Buat Anda yang ingin menjelajahi keindahan destinasi wisata unggulan di Turki bisa dengan Promo Umrah Plus Turki. Temukan pengalaman perjalanan yang penuh makna dan berkesan bersama kami!

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh