Amalan Nuzulul Quran yang Penuh Berkah

amalan Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran memiliki banyak keistimewaan. Oleh sebab itu, umat muslim dianjurkan melaksanakan amalan Nuzulul Quran untuk mendapatkan keberkahan di malam yang istimewa ini. 

Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa penting dalam agama Islam. Pada malam ini, Al-Qur’an diturunkan pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW. 

Istilah Nuzulul Quran berasal dari dua kata, yaitu Nuzul dan Al-Qur’an. Kata Nuzul memiliki arti penurunan, sedangkan Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang merupakan firman dari Allah SWT. Peristiwa turunnya ayat Al-Qur’an untuk pertama kali ini terjadi selama bulan suci Ramadhan. 

Malam Nuzulul Quran terjadi pada masa kehidupan Nabi Muhammad SAW di Makkah, sebelum akhirnya beliau hijrah ke Madinah pada tahun 610 Masehi. Ketika menerima wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril untuk pertama kalinya, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua HIra. 

Wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW adalah surah Al-Alaq ayat 1-5. Setelah wahyu pertama, Allah SWT kembali menurunkan wahyu tiga tahun setelahnya melalui surah An-Nashr. 

Al-Qur’an kemudian diturunkan secara bertahap selama 23 tahun dan dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Makkiyah di Mekkah dan periode Madaniyah di Madinah

Proses turunnya Al-Qur’an dibagi menjadi dua tahap. Pertama adalah Al-Qur’an diturunkan secara lengkap di malam Lailatul Qadar dan Lauh Mahfudz ke langit dunia. Kedua, Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap atau berangsur-angsur. 

Dalam sebuah karya tafsir, Syekh Muhammad Sayyid At-Thanthawi mengatakan jika firman Allah SWT diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui beberapa tahap. Imam Ibnu Katsir juga mengatakan jika Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW bertepatan dengan malam 17 Ramadhan. 

Berdasarkan pernyataan tersebut, umat muslim di seluruh dunia memperingati malam Nuzulul Quran ini pada malam 17 di bulan Ramadhan. 

Pada malam yang istimewa ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan Nuzulul Quran. Umat muslim dapat mengisi malam Nuzulul Quran dengan beribadah maupun berdoa. 

amalan Nuzulul Quran

Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran memiliki beberapa keistimewaan yang harus Anda ketahui. Apa saja itu? Berikut ini adalah keistimewaan amalan Nuzulul Quran. 

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Nuzulul Quran merupakan malam yang istimewa dimana malam ini adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal tersebut juga telah disebutkan dalam surah Al-Qadr. 

2. Malam Penuh Berkah

Keistimewaan malam Nuzulul Quran yang kedua yaitu penuh dengan berkah. Pada malam ini, Allah SWT memberikan limpahan berkah serta kedamaian pada umat manusia. Hal tersebut juga telah disebutkan dalam surah Ad-Dukhan ayat 3. 

3. Pahala akan Dilipatgandakan

Di malam Nuzulul Quran, Allah SWT akan melipatgandakan pahala seseorang. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud, Allah SWT memberikan pahala satu kebaikan dari setiap huruf dalam Al-Qur’an. Pahala tersebut akan dilipatgandakan ketika umat muslim membaca Al Quran di bulan Ramadhan, terutama di malam Nuzulul Quran. 

4. Malam Penuh Pengampunan

Keistimewaan malam Nuzulul Quran berikutnya adalah malam penuh pengampunan. Di malam Nuzulul Quran, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa umat muslim. Kemudian, umat muslim akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir ke dunia. 

amalan Nuzulul Quran

Amalan Nuzulul Quran

Untuk mendapatkan keistimewaan Nuzulul Quran, ada beberapa amalan Nuzulul Quran yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu? Dikutip dari website NU Online, berikut ini adalah amalan Nuzulul Quran. 

1. Membaca Al-Qur’an

Amalan Nuzulul Quran yang pertama adalah dengan membaca Al-Qur’an. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PCNU Sumedang bernama H. Sa’dullah dalam tulisan berjudul Ini Cara Kita Mengisi Malam Nuzulul Quran.

Dalam tulisan tersebut, ia mengatakan jika cara terbaik untuk mengisi malam Nuzulul Quran adalah dengan istiqomah membaca Al-Qur’an. Ia juga mengatakan minimal harus khatam satu kali selama bulan Ramadhan. 

Membaca Al-Qur’an di malam Nuzulul Quran akan mendatangkan berkah dan juga pahala yang berlipat-lipat. Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud, setiap huruf di dalam Al-Qur’an yang dibaca akan diberikan kebaikan. 

2. Memperbanyak I’tikaf

Amalan Nuzulul Quran yang kedua adalah dengan memperbanyak i’tikaf. I’tikaf adalah amalan berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Anjuran untuk memperbanyak i’tikaf di malam Nuzulul Quran tersebut disampaikan oleh Kyai Sa’dullah. Selama melakukan i’tikaf di masjid, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an atau berdzikir. 

Ustadz M. Tatam Wijaya yang merupakan Pengasuh Majelis Taklim Syubbanul Muttaqin Jayagiri di Sukanagara, Cianjur, Jawa Barat, menjelaskan dalam artikelnya yang berjudul Tata Cara I’tikaf dan Keutamaannya di Bulan Ramadhan bahwa i’tikaf merupakan amalan sunnah yang bisa dikerjakan kapan saja. Akan tetapi, i’tikaf di bulan Ramadhan lebih dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keistimewaan. 

Sebelum melakukan i’tikaf, Anda bisa membaca niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Niat untuk melakukan i’tikaf adalah sebagai berikut. 

‎نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ للهِ تَعَالَى  

Artinya : “Aku berniat i’tikaf di masjid ini karena Allah.”

3. Melakukan Sholat Malam dan Berdoa

Amalan Nuzulul Quran yang ketiga adalah dengan melakukan sholat malam dan berdoa. Shalat malam memiliki keutamaan yang besar di mata Allah SWT. 

Shalat malam merupakan salah satu amalan yang paling utama setelah sholat wajib. Berdoa pada malam Nuzulul Quran juga memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. 

Sholat malam memiliki beberapa keutamaan, seperti menjadi tanda orang yang shalih, menjadi amal yang dibanggakan oleh Allah SWT, dan menjadi sarana untuk mendapatkan pengampunan serta pahala yang besar. 

Ustadz Ahmad Mundzir yang merupakan pengajar di Pesantren Raudhatul Quran an-Nasimiyyah Semarang menjelaskan dalam 5 Keistimewaan Shalat Malam mengenai keistimewaan bila mengerjakan sholat malam. Berikut adalah keistimewaan sholat malam tersebut. 

  • Sholat malam merupakan sholat paling utama setelah sholat maktubah (sholat lima waktu). 
  • Memiliki keutamaan seperti sedekah yang dilakukan secara sirr atau rahasia.
  • Menjadi ciri khas orang yang shalih. 
  • Allah membanggakan hambanya yang menunaikan sholat tahajud kepada para malaikat. 
  • Semua doa kebaikan yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. 

Penutup

Itu dia amalan Nuzulul Quran yang bisa dikerjakan oleh umat muslim untuk mendapatkan keberkahan di malam yang mulia ini. Marilah kita bersama-sama meraih keberkahan dan pengampunan di malam Nuzulul Quran ini. 

Travel Umroh Rawda merupakan biro perjalanan umroh terpercaya yang sudah berdiri sejak 2003. Kepuasan para jamaah merupakan prioritas utama dari biro perjalanan umroh ini. Memiliki izin resmi dari Kementerian Agama, Rawda Travel siap mengantarkan Anda untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah. Temukan berbagai paket umroh di Rawda Travel, seperti Paket Umroh Plus Turki. Anda bisa menunaikan ibadah umroh sekaligus berlibur ke Turki.  

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh