Arti hasbunallah wanikmal wakil dan tulisan arabnya, beserta keutamaannya

arti hasbunallah

Mengucapkan zikir sebagai sarana berkomunikasi dengan Allah atas dasar kesungguhan umat muslim sebagai hamba Allah. Berikut ini salah satu bacaan zikir yakni hasbunallah wanikmal wakil serta arti hasbunallah itu sendiri. Yuk simak penjelasannya dari Rawda Travel.

Dzikir adalah amal ibadah yang dilakukan umat muslim bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Macam – macam bacaan dzikir ini beragam seperti tasbih, tahmid, tahlil, dan istighfar.

Umat muslim membaca bacaan dzikir sebagai bentuk ketidakberdayaan hamba di hadapan Allah SWT sehingga para hamba menampakkan kebutuhannya dan ketergantungannya pada Allah SWT.

Bagi umat muslim yang seringkali berdzikir akan tidak merugi melainkan bakal menerima keberuntungan. Nabi Muhammad SAW mengungkapkan bahwa dzikir merupakan sebaik – baiknya amal manusia.

Dalam riwayat Abu Darda Nabi SAW bersabda, “Maukah aku tunjukkan kepada kamu paling bersih di sisi raja kamu, paling kuat dalam mengangkat derajat kamu, lebih baik bagi kamu daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kamu daripada kamu bertemu musuh lalu menebas leher mereka dan mereka menebas leher-leher kalian?” Mereka berkata, “Baiklah wahai Rasulullah” Beliau bersabda, “Dzikir kepada Allah.” (HR Tirmidzi[3377], Ibnu Majah[3790], & Hakim[1/496]).

Bacaan Dzikir: Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Dzikir merupakan ibadah yang dilakukan dengan menyebut nama Allah dan mengingat Allah SWT secara berulang – ulang. Salah satu rangkaian bacaan dzikir yang seringkali diucapkan yakni Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir ini memiliki arti yang penting untuk dipahami agar dapat dicapai maknanya serta dihayati. Mencoba untuk memahami makna bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir menjadi bentuk kesungguhan umat muslim dalam mengerjakan zikir sebagai sarana berkomunikasi dengan Allah SWT.

Arti hasbunallah ialah cukuplah bagi kami Allah. Dengan membaca bacaan Hasbunallah ini seorang umat muslim mendapatkan manfaat dari ibadah zikir secara maksimal.

Tulisan Arab, Latin, serta Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Artinya:  Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.

Bacaan Pendek Hasbunallah yang dapat dipilih umat muslim untuk berdzikir:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

hasbunallah wanikmal wakil

Artinya: Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.

Kedua bacaan dzikir Hasbunallah diatas sama – sama dapat diamalkan sebagai bentuk ketakwaan hamba kepada Allah. Hamba Allah yang mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir maka hamba tersebut sebagai umat muslim melakukan berserah diri kepada Allah dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Bacaan dzikir Hasbunallah ini berasal dari ayat Al Qur’an yakni gabungan dari Qur’an surat Ali Imran ayat 173 dan Al Anfal ayat 40.

Ali Imran ayat 173

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ

Allazina qaala lahumun-naasu innan-naasa qad jama’u lakum fakhsyauhum fa zaadahum iimaanaw wa qaalụ ḥasbunallaahu wa ni’mal wakil.

Artinya: “Orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung” (3: 173)

Al Anfal ayat 40

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Wa in tawallau fa’lamuu annallaaha maulaakum, ni’mal-maulaa wa ni’man-nasir

Artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong” (8:40).

Bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir juga menjadi bagian dari bacaan doa Nabi Ibrahim saat beliau dilempar ke api yang membara. Bacaan ini diucapkan ketikan umat muslim sedang menghadapi kesulitan seperti peperangan.

Makna dan Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir 

Bacaan Hasbunallah memiliki makna dan arti yang beragam. Berikut ini beberapa makna dari Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

1. Sebagai bentuk tawakkal dan keikhlasan

Makna dan arti Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir ialah makna kerelaan hamba kepada Allah SWT. Sebagai hamba Allah kita menyerahkan jiwa dan raga kepada Allah SWT.

Bentuk tawakkal dan keikhlasan yakni menyerahkan segala urusan dan masalah kita kepada Allah. Dengan zikir bahwa manusia bertawakal dan ikhlas terhadap apapun yang diberikan oleh Allah.

2. Sebagai bentuk rasa syukur dan sabar

Makna dan arti Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir ialah sebagai bentuk rasa syukur dan sabar. Hal ini menggambarkan bentuk wujud ketergantungan hambanya kepada Allah SWT. Zikir sebagai bentuk rasa syukur dan sabar karena kita mau mengembalikan semua urusan dunia serta akhirat kepada Allah.

3. Sebagai pembenaran keesaan Allah SWT

Makna dan arti Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir sebagai pembenaran terhadap keesaan Allah SWT yakni bentuk percaya bahwa Allah SWT merupakan Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam lafadz Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir tersirat makna bahwa Allah merupakan satu – satunya Tuhan yang layak kita serahkan diri, meminta pertolonga, dan memohon perlindungan.

Keutamaan Membaca Bacaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

arti hasbunallah

Membaca bacaan Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir memiliki banyak keutamaan yang dapat mendatangkan manfaat bagi umat muslim yang mengamalkannya. Zikir ini sangat cocok untuk diamalkan ketika mengalami kesulitan, gundah gulana, serta membutuhkan penentraman hati.

Dalam Q.s. Al Ihram ayat 173 Allah menuliskan tentan zikir ini ducapkan oleh umat Islam ketika sedang menghadapi peperangan. Para umat muslim yang terlibat peperangan memberikan kepasrahan jiwa dan raga mereka kepada Allah sehingga mereka mejadi lebih sabar dan tenteram ketika menghadapi kerasnya kehidupan. Bacaan dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir juga seringkali diucapkan para nabi dan ulama – ulama zaman dahulu.

Berikut ini keutamaan membaca bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir:

1. Perlindungan dari Allah

Keutamaan membaca Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir ialah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Umat muslim yang senantiasa mengingat Allah dan memuji Allah akan mendapatkan perlindungan dari berbagai keburukan.

Dzikir juga sebagai pintu keselamatan dunia dan akhirat yang dapat dilihat dari hadits yang menyatakan bahwa dzikir tertentu diucapkan tiga kali di sore hari akan mendapatkan perlindungan dari Allah dari bahaya racun di malam tersebut.

2. Pendekatan Diri kepada Allah

Keutamaan membaca Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir selanjutnya yakni sebagai pendekatan diri kepada Allah SWT. Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir merupakan amalan yang paling disukai oleh Allah SWT.

Rasulullah mengajarkan bahwa mengamalkan dzikir merupakan perbuatan paling suci di sisi-Nya dan dapat mengangkat derajat seseorang. Melalui bacaan dzikir seseorang dapat merasa dekat dengan Allah SWT.

3. Mendapat cukup kebutuhan

Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir juga sebagai amalan pembuka pintu rezeki yang membuat urusan dunia dan akhirat terasa lebih lancar dan mudah.

Ketika mengucapkan dzikir, seseorang akan merasa bersyukur atas segala yang telah diberikan Allah sehingga hati akan selalu merasa cukup dan jauh dari rasa tamak serta serakah.

4. Dijanjikan Surga

Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir memiliki keutamaan bahwa umat muslim yang sering mengamalkan bacaan ini akan dijanjikan surga. Hal ini karena Allah menyukai amalan dzikir.

Dengan membaca bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir setiap hari akan dijanjikan surga oleh Allah. Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir saat siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, kemudian ia meninggal pada hari tersebut sebelum sore, maka ia merupakan bagian dari penghuni surga. Barangsiapa mengucapkan bacaan ini saat malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, kemudian ia mati sebelum shubuh maka ia termasuk dalam penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

5. Amalan yang disukai Rasulullah

Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir memiliki keutamaan yakni sebagai amalan yang disukai Rasulullah SAW. Bacaan ini seringkali dilafadzkan oleh Rasulullah setiap hari sehingga bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim.

6. Dapat memberikan ketenangan

Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir memiliki keutamaan yakni dapat memberikan ketenangan hati. Bagi umat muslim yang mengingat Allah dengan tulus, hatinya akan merasa tenang dan damai. Hal ini sesuai dengan Qs Ar-Ra’d ayat 28:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Waktu Terbaik Mengucapkan Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Setelah mengetahui keutamaan dari membaca bacaan dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, Anda jadi ingin mengamalkan bacaan dzikir ini?

Umat muslim dapat mengamalkan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir kapan saja. Bacaan dzikir ini sebagai pernyataan tentang keyakinan diri kepada Allah SWT.

Umat muslim sudah seharusnya untuk meyakini Allah SWT kapan saja serta setiap waktu. Kalimat dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir juga dapat dilafadzkan ketika waktu senang atau mengalami kesusahan karena Allah merupakan Maha Penolong serta mampu memberikan pertolongan kepada umatnya kapan saja.

Ketika umat muslim menghadapi kondisi atau peristiwa yang sangat membutuhkan pertolongan Allah, maka segera melafadzkan bacaan dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir. Dengan membaca bacaan dzikir ini umat muslim akan mendapatkan dorongan untuk mencapai hal – hal yang dibutuhkan dengan memohon keridho’an Allah.

Nah informasi diatas tentang arti hasbunallah, tulisan arab, serta beserta keutamaannya. Semoga dari penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Umat muslim juga dapat membaca bacaan Hasbunallah wanikmal wakil saat memiliki keinginan menunaikan ibadah umroh atau saat menjalankan ibadah umroh agar dipermudah saat menunaikan ibadah tersebut.

Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umroh membutuhkan biro keberangkatan umroh, Anda dapat menggunakan jasa dari biro umroh terpercaya yakni Rawda Travel.

Sebagai biro umroh Jakarta, Rawda travel berpengalaman serta memiliki izin resmi kemenag sebagai biro keberangkatan umroh terpercaya. Paket umroh yang ditawarkan juga lengkap salah satunya umroh plus turki atau paket lainnya yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Umroh terpercaya bersama Rawda Travel. Segera hubungi Rawda travel untuk keberangkatan Umroh menyenangkan dan mabrur.

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh