5 Daya Tarik Puasa Ramadhan Di Tanah Suci dan Tantangan Menjalankan Puasa Disana

Daya Tarik Puasa Ramadhan Di Tanah Suci

Menjalankan ibadah puasa ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, Lalu apakah Anda kepikiran untuk melaksanakan ibadah puasa di tanah suci? Berikut daya tarik puasa ramadhan di tanah suci dan tantangan puasa ramadhan di tanah suci.

Tanah Suci selalu ramai dikunjungi bagi para jamaah yang melaksanakan ibadah umrah ataupun haji. Kota yang sering dikunjungi ialah Mekkah menjadi salah satu kota suci umat muslim. Di kota Mekkah terdapat Masjidil Haram yang disana terdapat Ka’bah merupakan kiblat muslim sedunia.

Ka’bah selalu ramai dikunjungi oleh para jamaah umrah dan haji. Ketika ramadhan pun kota Mekkah semakin ramai dikunjungi oleh umat muslim dari berbagai belahan dunia. Para jamaah ini berbondong – bondong untuk menunaikan ibadah umrah.

Para jamaah yang datang ke Mekkah tidak sedikit menunaikan ibadah puasa ramadhan di kota ini. Kota ini memiliki keistimewaan yang dapat dirasakan oleh para jamaah yang datang kesana. Keistimewaan kota Mekkah ialah kota ini merupakan kota suci tanah kelahiran Nabi Muhammad yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para jamaah yang ingin melaksanakan ibadah puasa di tanah suci. Berikut ini beberapa daya tarik puasa ramadhan di tanah suci dan tantangan yang dihadapi bagi para jamaah yang melaksanakan puasa ramadhan di tanah suci.

1. Bulan Suci Ramadhan Sebagai Kesempatan Menjelajahi Kuliner

Daya Tarik Puasa Ramadhan Di Tanah Suci

Daya tarik puasa ramadhan di tanah suci ialah para jamaah dapat mencoba kesempatan menjelajahi budaya kuliner yang penuh cita rasa dan mendapatkan keramahtamahan khas masyarakat Arab Saudi.

Disini, Mekkah nantinya para jamaah akan mendapat hidangan untuk sahur dan berbuka puasa. Macam – macam menu disajikan seperti saleeg, mahrouse, mabroush, lokma dan ruz bukhari, hingga hidangan manti, miro kebab, farmoza, dan kebda.

Arab Saudi memiliki makanan khas yang mengekspresikan identitas Saudi dengan indah. Mekkah yang menjadi salah satu kota di Arab Saudi merupakan tempat berkumpulnya para pengunjung dari berbagai belahan dunia dapat ikut serta berpartisipasi dalam ritual keagamaan dan belajar warisal lokal yang menjadi tahap penting perjalanan ibadah mereka.

Tidak hanya sahur dan berbuka puasa saja, hidangan juga disajikan setelah shalat tarawih. Disini akan ditemukan suasana jalanan yang penuh dengan kegembiraan. Bahkan para jamaa dapat terlibat dalam percakapan, mengenal kebaikan, kemurahan hati, moral, dan prinsip masyarakat Saudi.

2. Mengenal Budaya Arab Saudi

Daya tarik puasa ramadhan di tanah suci bagi para jamaah umrah ialah para jamaah dapat mengenal budaya masyarakat Arab Saudi lebih dekat. Disana akan menemukan kesederhanaan yang membawa dampak pada jiwa yang melihatnya.

Para penduduk Arab Saudi akan membagiakan makanan melalui acara buka puasa yang memiliki makna sebagai ikatan yang kuat antara masyarakat serta menunjukkan kemurahan hati, kehangatan, dan keramahtamahan penduduk setempat, serta mendekatkan mereka ke hati. Buka puasa sebagai ajang bersosialisasi di Mekkah selama ramadhan.

Pengunjung juga dapat merasakan tradisi warisan Arab Saudi serta momen spiritual dan sosial yang mencerminkan hubungan dengan bulan penuh berkah. Selain itu, nilai – nilai kerja sama, solidaritas, dan persatuan antar anggota keluarga dan teman juga meningkat.

Daya tarik puasa ramadhan di Mekkah, para penduduk akan mendekorasi rumah mereka, melakukan penghormatan kepada lansia, serta menyiapkan hidangan khas Arab untuk menghormati pengunjung dan jamaah.

3. Merasakan Suasana Ramai Malam Hari Hingga Sahur

Daya tarik puasa ramadhan di Tanah Suci ialah para jamaah akan merasakan suasana ramai di malam hari dan berlanjut begadang hingga sahur. Kota Mekkah saat ramadhan akan lebih ramai dibanding hari biasanya ketika malam hari. Hal ini dikarenakan ketika siang hari para penduduk istirahat, tidur, dan ibadah di dalam rumah ketika bulan ramadhan.

Kemudian setelah shalat tarawih para lelaki berkumpul di depan rumah, taman kota, dan pinggir jalan kota Mekkah untuk bercengkerama. Keramaian berlangsung hingga waktu sahur. Bahkan ketika waktu sahur banyak toko, pusat perbelanjaan, dan warung yang masih buka.

4. Kegiatan berkurang

Daya Tarik Puasa Ramadhan Di Tanah Suci

Daya tarik puasa ramadhan di Mekkah ialah pemerintahan Arab saudi melonggarkan sejumlah aktivitas seperti sekolah dan pekerja. Bahkan anak Рanak sekolah libur penuh selama ramadhan dan pekerja hanya bekerja dalam waktu singkat. Untuk para pekerja proyek, perusahaan melapangkan pekerja bekerja di lapangan saat malam hari.

5. Suasana Ngabuburit

Daya tarik puasa ramadhan di Mekkah ketika suasana Ngabuburit atau menunggu waktu adzan maghrib tiba. Di Arab Saudi banyak warga yang menyediakan buka puasa gratis dan ada pula pedagang takjil dadakan.

Keistimewaan melaksanakan puasa di Kota Mekkah, para warga akan berlomba dalam kebaikan termasuk menyediakan buka puasa gratis dan menjadi hal yang lumrah.

Tantangan Puasa Ramadhan di Tanah Suci

Selain daya tarik puasa ramadhan di tanah suci, tentunya menjalankan ibadah puasa di tanah suci ini memiliki tantangan khusus apalagi bagi para jamaah umrah dari luar Arab Saudi. Tantangan puasa ramadhan di Tanah suci yakni suhu ekstrem.

Di Arab Saudi ketika ramadhan tiba biasanya disana memasuki musim panas. Di Kota Mekkah sendiri ketika musim panas dapat mencapai suhu 50 derajat celcius. Oleh sebab itu, banyak warga Arab Saudi memilih untuk berdiam diri di rumah ketika siang hari. Kemudian saat malam tiba mereka melakukan aktivitas hingga sahur.

Nah itu tadi informasi mengenai daya tarik puasa ramadhan di Mekkah dan tantangan puasa ramadhan di tanah suci. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Bagi Anda yang tertarik untuk menunaikan ibadah umrah ketika puasa ramadhan, Anda dapat memilih biro travel keberangkatan umrah yang tepat siap mengantarkan Anda untuk menunaikan ibadah ke tanah suci.

Salah satu biro travel Umrah Jakarta terbaik ialah Rawda travel Umrah. Rawda travel umrah merupakan agen perjalanan umrah melayani ribuan jamaah umrah, halal tour, dan wisata Eropa dengan pengalaman yang luas.

Rawda travel melayani jamaah dari seluruh Indonesia dengan menjamin profesionalitas dan layanan yang terbukti dengan testimoni dan izin resmi kementerian Agama. Paket umrah yang ditawarkan oleh Rawda travel ialah Umroh Plus Turki yakni Anda dapat menjalankan ibadah umrah sekaligus liburan ke Turki.

Jadi tunggu apalagi? Percayakan saja perjalanan umrah Anda bersama Rawda travel. Umrah mabrur, tenang dan penuh khidmat bersama Rawda travel Umrah.

Share the Post: