Berapa Liter Air Zamzam yang Boleh Dibawa Pulang Jamaah Umroh?

Liter Air Zamzam yang Boleh Dibawa Pulang

Menjalankan ibadah umroh, tentunya saat pulang ingin membawakan kerabat terdekat air zamzam. Akan tetapi membawa air zamzam ke Tanah Air terdapat batasannya. Berikut ini jumlah liter air zamzam yang boleh dibawa pulang jamaah umroh.

Keutamaan Air Zamzam

Bagi para jamaah yang menunaikan ibadah umroh atau haji tentunya akan membawa air zamzam ke tanah air. Air zamzam memiliki keutamaan bagi yang meminumnya oleh umat Islam.

Air zamzam diambil dari sumur zamzam yang berada dekat dengan Ka’bah. Setiap hari air sumur ini dipompa sekitar 11 hingga 18,5 liter per detik. Sumur air zamzam berasal dari mata air terdapat cellah ke arah hajar Aswad dengan panjang 70 cm dan tinggi 30 cm disamping celah lainnya yang menghasilkan air.

Adanya sumur zamzam tidak terlepas dari kisah dari istri Nabi Ibrahim bernama Hajar dan anaknya yang bernama Ismail. Saat ditinggalkan Nabi Ibrahim, Istrinya hanya dibekali air dan kurma yang beberapa kemudian persediaannya habis. Hajar pun panik kemudian lari naik ke bukit Shafa dengan harapan mendapatkan pertolongan.

Setelah lari ke Bukit Shafa dan tidak mendapatkan pertolongan kemudian lari antara shafa dan Marwah. Pada putaran ketujuh Hajar mendengarkan sebuah bunyi yang ternyata malaikat tengah mengepakkan sayap. Kemudian muncullah mata air yang saat ini disebut dengan sumur zamzam.

Air Zamzam Penuh Manfaat

Liter Air Zamzam yang Boleh Dibawa Pulang

Air zamzam merupakan salah satu buah tangan khas dari Tanah Suci Mekkah. Jamaah umroh atau jamaah haji yang baru saja menunaikan ibadah ke Tanah suci seringkali membawa buah tangan air zamzam untuk kerabat di tanah air.

Selain menjadi air suci, air zamzam juga dipercaya memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Air zamzam ini diperoleh dari sumur dengan kedalaman 30,5 meter yang steril dan bebas patogen. Kandungan pada air zamzam ini meliputi kalsium, magnesium, mineral, selenium, arsenik, dan nitrat serum. Kadungan lainnya pada air zamzam ialah ion logam seperti vanadium, besi, mangan, kobalt, tembaga, seng, serta molibdenum.

Air zamzam juga dipercaya memiliki sifat terapeutik dan farmakologis sebagai antioksidan, antitumor, ansiolitik, dan agen anti depresan. Bagi seseorang yang terbiasa untuk mengonsumsi air zamzam saat dilakukan tes fungsi ginjal semuanya memiliki hasil yang normal.

Air zamzam mengandung banyak mineral aktif yang mampu untuk menangkal kanker. Bahkan air zamzam juga dapat digunakan untuk pengobatan diabetes dan hipertensi.

Bolehkah Membawa Air Zamzam ke Dalam Koper?

Tahun ini para jamaah umroh atau haji mendapat 10 liter air zamzam yang dapat dibawa pulang ke Tanah Air. Biasanya para jamaah ini membawa air zamzam dimasukkan ke dalam koper. padahal seharusnya air zamzam tidak dimasukkan ke dalam koper

Terdapat larangan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji mengenai larangan untuk tidak memasukkan air zamzam ke dalam koper. Air zamzam akan terdeteksi dan menyebabkan koper akan dibongkar serta dikeluarkan airnya karena sudah menjadi ketentuan penerbangan.

Selain air zamzam beberapa barang yang dilarang saat penerbangan adalah barang yang mudah terbakar atau meledak, senjata api dan senjata tajam, gas aerosol, serta cairan yang melebihi 100 ml, dan uang lebih dari 100 juta rupiah.

Aturan Barang Bawaan Jamaah Umroh dan Haji

Bagi para jamaah umroh atau haji dapat membawa tas paspor, koper kabin, dan koper bagasi sesuai dengan standar yang diberikan dan berlogo maskapai. Untuk maksimal berat koper kabin hanya dapat menampung 7 kilogram sedangkan koper bagasi hanya dapat memuat beban maksimal 32 kg.

Jumlah Liter Air Zamzam yang Boleh Dibawa Pulang Jamaah Umroh atau Haji

Liter Air Zamzam yang Boleh Dibawa Pulang

Bagi para jamaah umroh yang ingin membawa air zamzam jumlah liter air zamzam yang boleh dibawa pulang jamaah ialah 5 liter dengan syarat menunjukkan bukti pendaftaran umroh melalui aplikasi nusuk.

Jumlah liter air zamzam yang boleh dibawa pulang jamaah sebesar 5 liter dengan proses pengemasan dalam galon dimasukkan ke kardus dan dibagikan ke jamaah setiba di asrama haji. Air zamzam tersebut akan dibawa oleh maskapai pada pemberangkatan jamaah.

Karena jumlah liter air zamzam yang boleh dibawa pulang jamaah hanya sebesar 5 liter, tentunya dirasa kurang sehingga Menteri Agama yakni Yaqut Cholil Qoumas memberi kebijakan untuk menambah air zamzam yang dibagikan ke jamaah.

Selain itu, para jamaah umroh atau haji juga masih bisa membawa air zamzam tambahan untuk dibawa ke Tanah air yang dapat diperoleh dengan membeli di Bandara International King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah.

Nah diatas informasi mengenai jumlah liter air zamzam yang boleh dibawa pulang jamaah umroh atau haji. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca yang masih kebingungan apabila berangkat umroh dan ingin membawa air zamzam.

Apabila Anda ingin menunaikan ibadah umroh tapi masih belum menemukan biro travel umroh, Anda dapat mempercayakan perjalanan Anda bersama Travel Umroh Rawda.

Travel Umroh Rawda merupakan biro keberangkatan umroh yang telah berpengalaman mengantarkan jamaah menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh. Rawda travel menawarkan beberapa pilihan paket umroh yang dapat Anda sesuaikan dengan finansial Anda. Salah satu paket yang memiliki banyak testimoni adalah umroh plus Turki yakni umroh dan liburan ke Turki. Dapatkan penawaran harga terbaik untuk keberangkatan umroh Anda dengan fasilitas dan layanan terbaik. Yuk segera kunjungi website Travel Umroh Rawda dan Anda akan melihat testimoni puas dari para jamaah umroh.

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh