10 Oleh-Oleh Umroh: Membawa Kenangan dari Tanah Suci

oleh-oleh umroh

Ada berbagai oleh-oleh umroh yang wajib Anda ketahui ketika pergi ke Tanah Suci untuk beribadah. Umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat istimewa bagi umat Islam, di mana setiap langkah yang diambil di Tanah Suci membawa makna dan kenangan yang mendalam. Setelah menunaikan ibadah sunnah umroh dalam agama ini, banyak orang yang ingin membawa pulang oleh-oleh sebagai kenang-kenangan dari perjalanan spiritual mereka.

Oleh-oleh umroh tidak hanya sekadar suvenir, tetapi juga simbol kebersyukuran dan kebahagiaan atas kesempatan untuk melaksanakan ibadah di tempat-tempat suci Islam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi setidaknya terdapat 10 oleh-oleh umroh yang dapat membawa kenangan indah dari Tanah Suci.

Oleh-oleh Umroh mulai dari barang-barang religius hingga kuliner khas Mekkah dan Madinah, setiap oleh-oleh memiliki cerita dan makna tersendiri. Mari kita temukan bersama-sama ragam oleh-oleh yang dapat menjadi penanda perjalanan spiritual dan menghidupkan kembali momen-momen tak terlupakan di Tanah Suci. Apa sajakah? Cek ulasan berikut ini.

oleh-oleh umroh

Inilah 10 Oleh-Oleh Umroh yang Dapat Anda Bawa!

1. Air Zam-Zam

Air zam-zam, suatu anugerah yang tak ternilai dari kota suci Mekkah, terus menjadi simbol keajaiban dan keberkahan. Mata air ini, yang tak pernah kering bahkan di tengah kemarau sekalipun, mengalir dengan deras dan memberikan harapan serta kekuatan bagi setiap peziarah yang mengunjungi Tanah Suci. Keunikan air zam-zam tidak hanya terletak pada ketidakhabisannya, namun juga dipercaya memiliki keistimewaan menyembuhkan berbagai penyakit.

Tidak mengherankan jika air zam-zam menjadi salah satu oleh-oleh umroh yang paling dihargai. Memiliki nilai spiritual yang tinggi, air zam-zam bukan hanya sekadar cairan, tetapi sebuah anugerah suci yang dihadirkan dalam setiap tetesnya. Para peziarah umroh dapat membawa pulang air zam-zam dalam ukuran yang diperbolehkan oleh maskapai, memeluk keberkahan dan harapan yang terkandung di dalamnya.

2. Souvenir dan Pernak Pernik Lainnya

Di Makkah maupun Madinah, terdapat beragam souvenir menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh setelah menyelesaikan ibadah umroh. Contohnya, terdapat gantungan kunci berbentuk Ka’bah, magnet kulkas, kaligrafi, serta pernak-pernik seperti gelang dan kalung dengan motif Islami.

Pilihan oleh-oleh ini tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga dapat menjadi pengingat yang kuat akan pengalaman spiritual di Tanah Suci. Sebagai contoh, gantungan kunci Ka’bah dapat membangkitkan kerinduan dan memori akan saat-saat berada di sekitar Ka’bah, membuat oleh-oleh ini memiliki makna yang mendalam bagi si penerima. Dengan begitu, setiap souvenir tidak hanya menjadi suatu barang fisik, tetapi juga sarana untuk menghidupkan kembali momen berharga di Tanah Suci.

3. Kurma

Kurma juga menjadi oleh-oleh umroh yang sangat populer dan terkenal. Meskipun kini banyak yang menjualnya, kurma asli dari Arab Saudi memiliki keistimewaan tersendiri karena dipetik langsung di negara asalnya.

Ketika memutuskan untuk membeli kurma, tersedia berbagai jenis pilihan, seperti khadrawi, ajwa, deglet noor, medjool, baik dalam bentuk segar maupun kering. Keberagaman jenis kurma ini memberikan opsi yang luas bagi para peziarah umroh untuk memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

Dengan memilih kurma sebagai oleh-oleh, setiap orang dapat membawa pulang sejumput kenikmatan dan kelezatan dari Tanah Suci, menghadirkan cita rasa khas Arab Saudi yang autentik.

4. Sajadah Khas Tanah Suci

Oleh-oleh umroh yang memiliki manfaat spiritual yang signifikan adalah sajadah khas Arab Saudi. Sajadah ini tidak hanya menjadi barang koleksi, tetapi juga dapat digunakan dalam beribadah oleh penerimanya.

Untuk memudahkan pengemasan dalam koper, disarankan untuk memilih sajadah khas Arab Saudi yang berukuran kecil atau memiliki versi travel size. Dengan demikian, sajadah ini dapat menjadi pilihan praktis yang dapat dibagikan kepada kerabat dan sanak saudara tanpa perlu khawatir memakan banyak ruang.

Selain itu, untuk memberikan sentuhan khas Arab Saudi, kamu bisa memilih sajadah dengan motif khusus seperti corak Masjidil Haram, Ka’bah, Masjid Nabawi, dan motif Islam lainnya. Dengan memiliki sajadah yang menggambarkan elemen-elemen suci ini, oleh-oleh ini bukan hanya sekadar benda fungsional, melainkan juga menjadi simbol kebersamaan spiritual di Tanah Suci.

5. Minyak Wangi

Minyak wangi Arab menjadi salah satu pilihan oleh-oleh umroh yang memikat dengan bau khasnya, dihasilkan dari bahan-bahan alami seperti bunga, kasturi, dan rempah-rempah.

Keunikan minyak wangi khas Arab Saudi tidak hanya terletak pada keharumannya, tetapi juga pada pengalaman sensorial yang dapat dihadirkan. Memilih minyak wangi sebagai oleh-oleh umroh bukan hanya sekadar mendapatkan wewangian eksotis, tetapi juga membawa pulang aroma dan kenangan dari tanah suci. Dengan setiap tetes minyak wangi, penerimanya dapat diingatkan pada suasana yang khusyuk dan harum di Tanah Suci, menjadikannya oleh-oleh yang memberikan pengalaman tak terlupakan bagi setiap peziarah.

6. Tasbih

Tasbih menjadi salah satu pilihan oleh-oleh umroh yang terjangkau dan umum dijumpai di Makkah dan Madinah. Berbagai macam tasbih dapat dipilih, mulai dari yang terbuat dari kayu, batu, hingga mutiara.

Keberagaman bahan tasbih memberikan variasi yang menarik bagi peziarah umroh. Selain memiliki nilai estetika, tasbih juga memiliki manfaat spiritual, karena dapat digunakan dalam beribadah. Sebagai tambahan untuk oleh-oleh umroh yang terjangkau, tasbih menjadi pilihan yang memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk memperkaya praktik keagamaan mereka, membuatnya menjadi oleh-oleh yang bermanfaat dan berarti.

7. Siwak

Apakah Anda pernah mengenal atau mencoba siwak? Siwak adalah alat pembersih gigi tradisional yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi, tetapi juga terbuat dari batang pohon arak atau salvadora. Selain menjadi alat praktis, penggunaan siwak juga mencerminkan salah satu kebiasaan Nabi Muhammad dan dianggap sebagai sunnah dalam praktik keagamaan umat Islam.

Oleh karena itu, menjadikan siwak sebagai oleh-oleh umroh dapat dianggap sebagai pilihan yang bermanfaat. Selain membawa manfaat kesehatan untuk gigi dan gusi, penggunaan siwak juga menjadi bentuk penghormatan terhadap tradisi dan sunnah yang dianut oleh Nabi Muhammad, sehingga memberikan nilai lebih pada oleh-oleh ini.

8. Henna

Henna menjadi salah satu jenis pewarna halal yang umumnya digunakan untuk menghias tangan dan kuku. Karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mampu menyerap air dan aman digunakan saat berwudu, henna dapat diaplikasikan bahkan saat sedang menjalankan salat.

Sebagai opsi oleh-oleh umroh yang terjangkau, henna menjadi pilihan menarik, terutama bagi kerabat wanita. Selain memberikan sentuhan keindahan pada tangan dan kuku, penggunaan henna juga membawa nilai tambah karena sesuai dengan prinsip kehalalan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah. Dengan demikian, memberikan henna sebagai oleh-oleh umroh tidak hanya memberikan kecantikan tetapi juga menawarkan kesempatan untuk merasakan keberkahan dalam penggunaan pewarna yang sesuai dengan nilai-nilai agama.

9. Kacang-Kacangan

Selanjutnya, pilihan oleh-oleh umroh yang menarik adalah kacang-kacangan atau cokelat khas Arab Saudi. Kacang Arab memiliki bentuk yang unik dan memberikan cita rasa gurih yang khas. Jenis kacang seperti pistachio, chickpea, dan lainnya dapat ditemukan di sepanjang jalan utama di Mekkah dan Madinah.

Selain kacang-kacangan, cokelat Arab juga menjadi opsi yang menarik. Salah satu jenis cokelat yang terkenal adalah Al-Hadi, yang memiliki cita rasa unik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Membeli kacang-kacangan dan cokelat Arab tidak sulit, karena dapat ditemukan di berbagai tempat seperti Bin Dawood Superstores atau melalui pasar Bab. Dengan membawa pulang kacang-kacangan atau cokelat khas Arab Saudi, kamu tidak hanya memberikan oleh-oleh yang lezat tetapi juga memperkenalkan cita rasa autentik dari Tanah Suci kepada orang-orang terdekat.

10. Madu Kashmir

Terakhir, salah satu opsi oleh-oleh umroh yang bermanfaat dan menyehatkan adalah madu Kashmir. Madu Kashmir merupakan varian madu yang kaya akan nutrisi dan berasal dari daerah Pegunungan Himalaya. Penduduk Arab umumnya memanfaatkan madu ini sebagai pelengkap makanan mereka karena kandungan khasiat yang melimpah.

Menghadirkan madu Kashmir sebagai oleh-oleh umroh tidak hanya memberikan rasa lezat, tetapi juga membawa manfaat kesehatan yang signifikan. Madu dikenal karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan beragam nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan memilih madu Kashmir sebagai oleh-oleh umroh, kamu tidak hanya memberikan kenikmatan kuliner tetapi juga memberikan anugerah kesehatan dari daerah yang kaya akan keindahan alam dan nutrisi alami.

Penutup

Rasakan momen yang tak terlupakan dalam perjalanan Umrah Anda bersama Rawda Umroh Travel, agen perjalanan terpercaya yang menyediakan layanan berkualitas tinggi. Dalam paket eksklusif “Umrah plus Turki” kami, Anda dapat merasakan pengalaman spiritual mendalam dari Umrah sekaligus menikmati kekayaan budaya Turki yang menakjubkan.

Rawda Umroh Travel berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, memberikan kepuasan dan ketenangan hati selama perjalanan ibadah Anda. Jangan lewatkan penawaran eksklusif dan pelayanan terbaik yang hanya bisa Anda dapatkan bersama kami.

Kunjungi situs web resmi Rawda Umroh Travel sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang paket “Umrah plus Turki” kami. Temukan keunikan dan keistimewaan yang menanti Anda, dan buat setiap langkah perjalanan Anda menjadi pengalaman spiritual dan budaya yang tak terlupakan bersama Rawda Umroh Travel.

Itulah beberapa informasi seputar oleh-oleh umroh yang dapat Anda bawa pulang ke Indonesia. Bagikan keberkahan ibadah umroh Anda dari Tanah Suci menuju rumah dan kampung halaman Anda.

 

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh