Alasan Mengapa Umroh Menjadi Pilihan Banyak Orang dan Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

keutamaan umroh

Alasan Mengapa Umroh Menjadi Pilihan Banyak Orang dan Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh.

Umroh dan haji adalah jenis ibadah yang sangat penting untuk dilaksanakan bagi umat islam yang memiliki kemampuan secara fisik dan finansial. Namun, banyak sekali orang yang lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umroh daripada haji. Mengapa begitu? Berikut adalah alasan mengapa umroh menjadi pilihan banyak orang.

Alasan mengapa Umroh Menjadi Pilihan Banyak Orang

Jika dibandingkan dengan haji, umroh memiliki lebih banyak peminat. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Waktu Pelaksanaan

Jika dilihat dari aspek waktu pelaksanaan, umroh lebih fleksibel daripada haji. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umroh. Dijelaskan pada Q.S Al Baqarah ayat 197 bahwa musim haji terjadi dalam bulan Syawal, Dzulqadah, dan Dzulhijjah.

Namun tiga bulan tersebut hanya berlaku untuk satu rukun haji saja yaitu ihram. Sedangkan rukun haji lainnya harus dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Ketentuan waktu inilah yang membuat waktu keberangkatan haji sangat lama karena ada banyak antrian.

Oleh karena itu, alasan mengapa umroh menjadi pilihan banyak orang adalah karena waktu pelaksanaannya. Umroh bisa dilaksanakan kapan pun tanpa terikat pada waktu atau bulan tertentu. Waktu tunggu keberangkatannya juga jauh lebih singkat daripada ibadah haji.

2. Biaya

Dari segi biaya, umroh lebih terjangkau daripada haji. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk melaksanakan ibadah umroh yaitu sekitar Rp 25 juta. Nominal tersebut bisa bertambah tergantung pada berbagai faktor seperti tanggal keberangkatan, jenis paket umroh, dan fasilitas yang didapatkan. Sedangkan biaya haji lebih besar daripada umroh, yaitu sekitar Rp 98 juta.

3. Durasi Pelaksanaan

Alasan berikutnya yaitu mengenai durasi pelaksanaan. Ibadah haji perlu menyelesaikan berbagai rangkaian atau rukun di Tanah Suci. Umumnya, proses haji bisa selesai dalam waktu 1 minggu, namun bagi jamaah regular dari Indonesia akan menghabiskan waktu selama 40 hari. Hal ini dikarenakan jamaah haji juga melakukan umroh dan ziarah atau Arbain di masjid Nabawi.

Sedangkan ibadah umroh tidak memerlukan waktu yang lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 9 sampai 12 hari saja. Panjangnya durasi pelaksanaan umroh dipengaruhi oleh paket perjalanan yang disediakan oleh agen travel yang anda pilih.

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

Selain beberapa alasan mengapa umroh menjadi pilihan banyak orang, umroh juga memiliki keutamaan tersendiri yang bisa didapatkan oleh para jamaah. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menghapus Dosa

Keutamaah umroh yang pertama yaitu bisa menghapuskan dosa. Seseorang yang sebelumnya pernah menjalankan ibadah umroh lalu melakukan umroh lagi pada tahun tahun berikutnya, maka dosa-dosa di antara kedua waktu umroh tersebut akan diampuni.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Melaksanakan shalat saat sedang ibadah umroh akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Pahala shalat yang didapatkan saat umroh bisa berlipat ganda hingga 100.000 kali lipat. Oleh karena itu, umroh sangat dianjurkan untuk umat islam yang memiliki kemampuan secara fisik dan finansial.

3. Meningkatkan Kualitas Keimanan

Keutamaan umroh yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan seseorang. Saat melaksanakan ibadah umroh, Anda akan mendapatkan ketenangan hati dan beribadah menjadi terasa lebih tentram. Oleh karena itu, kualitas keimanan akan lebih meningkat karena umroh dapat membuat seseorang menjadi lebih sabar dan tabah.

4. Doanya Akan Dikabulkan

Untuk siapapun yang melaksanakan ibadah di Tanah Suci, maka akan menjadi tamu Allah yang akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Salah satu keuntungannya yaitu doa-doa dan permohonannya akan dikabulkan. Selain dikabulkan doa-doanya, jamaah umroh juga mendapat limpahan berkah serta dijauhkan dari kemiskinan.

5. Pahalanya Dicatat Hingga Akhir Kiamat

Apabila seorang jamaah wafat ketika sedang melaksanakan ibadah umroh, maka pahalanya akan selalu dicatat hingga hari kiamat. Keistimewaan ini juga bisa didapatkan olej jamaah yang mejalankan umroh dengan khusyuk serta menjalankan rukun yang benar. Bahkan meskipun rukun umrohnya belum tuntas, Allah SWT sudah menjanjikan pahala.

6. Sebagai Sarana Jihad Bagi Perempuan

Melaksanakan ibadah umroh bisa terhitung sebagai sarana jihad bagi jamaah perempuan. Jihad adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan. Karena itulah pelaku jihad akan dijanjikan masuk surga.

Awalnya, jihad dilakukan dengan mengikuti peperangan. Namun, pada zaman dahulu perempuan tidak diperbolehkan mengikuti perang. Oleh karena itu, Allah SWT menyediakan alternatif bagi perempuan untuk melakukan jihad dengan cara menjalankan ibadah haji atau umroh.

7. Mengikuti Jejak Nabi Ibrahim dan Keluarganya

Melaksanakan ibadah Umroh memberikan kesempatan luar biasa bagi umat Islam untuk mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan keluarganya. Ka’bah sendiri merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim, yang bersama putranya Isma’il, membangun Baitullah sebagai rumah ibadah pertama bagi umat manusia.

Berada di Tanah Suci, peziarah Umroh dapat merasakan atmosfer tempat-tempat bersejarah yang terkait dengan perjalanan spiritual dan pengorbanan besar Nabi Ibrahim. Tidak hanya sekadar ritual ibadah, Umroh membawa pengalaman mendalam tentang keteguhan iman dan ketaatan terhadap perintah Allah, mengajarkan umat Islam untuk mempertahankan nilai-nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Pengalaman Spiritual yang Mendalam

Melaksanakan Umroh tidak hanya sekadar menunaikan serangkaian ritual, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual yang mendalam. Momen berdiri di depan Ka’bah, melakukan tawaf mengelilingi Baitullah, dan menyelami atmosfer keramaian dan khidmat di Tanah Suci menciptakan pengalaman yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Keberadaan di Mekah dan Madinah membawa perasaan kedekatan dengan Allah yang menggetarkan hati, memberikan kesempatan untuk merenung dan memperdalam hubungan spiritual. Semua aspek-aspek dalam Umroh, mulai dari persiapan, perjalanan, hingga pelaksanaan ibadah, menggabungkan aspek-aspek kehidupan rohaniah yang memperkaya dan memperdalam pemahaman individu tentang agama dan ketaqwaan. Dengan demikian, Umroh bukan hanya perjalanan fisik melintasi jarak geografis, tetapi lebih merupakan perjalanan batin menuju Allah yang penuh makna dan keberkahan.

9. Pembersihan Diri dari Sifat-sifat Buruk

Pelaksanaan ibadah Umroh membawa aspek penting dalam transformasi pribadi, yakni pembersihan diri dari sifat-sifat buruk dan pengembangan karakter yang lebih baik. Umroh dimulai dengan memakai pakaian ihram, yang merupakan lambang kesederhanaan dan persamaan di hadapan Allah. Proses ini bukan hanya simbolis, tetapi juga mengajarkan umat Islam untuk meninggalkan kesombongan dan materi yang berlebihan. Selama perjalanan Umroh, peziarah berusaha menjauhkan diri dari perilaku buruk seperti berbicara kasar, bertengkar, atau berdebat.

Anda harus fokus pada ibadah dan refleksi diri, menciptakan kesempatan untuk introspeksi mendalam terhadap perilaku dan sikapnya. Dengan meninggalkan sifat-sifat negatif dan merangkul kesederhanaan, peziarah Umroh dapat menggali potensi diri yang lebih baik serta meresapi pengalaman spiritual dengan hati yang bersih dan tulus.

Anda bisa mendapat informasi lebih lanjut mengenai ibadah umroh dengan cara mengunjungi situs web resmi milih Rawda Travel di rawdaumroh.com. Rawda Travel Biro Umroh Plus Turki adalah penyedia layanan umroh Bandung Terpercaya. Anda bisa mendapatkan berbagai layanan dengan promo yang menarik.

Demikian penjelasan mengenai alasan mengapa umroh menjadi pilihan banyak orang?. Beberapa penjelasan di atas diharapkan dapat memperdalam pengetahuan Anda terkait ibadah umroh dan berbagai keutamaannya.

Share the Post: