Mengenal Gua Hira: Tempat Turunnya Wahyu Pertama kepada Nabi Muhammad SAW

Mengenal Gua Hira: Tempat Turunnya Wahyu Pertama kepada Nabi Muhammad SAW

Apakah Anda mengenal Gua Hira? Gua Hira merupakan salah satu tempat dimana terjadi peristiwa penting bagi umat muslim. 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Di bulan ini, semua umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. Salah satunya yaitu pahala ibadah akan dilipatgandakan. Selain itu, keutamaan bulan Ramadhan lainnya yaitu terjadinya peristiwa penting pada bulan ini. 

Peristiwa tersebut diperingati sebagai malam Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Nuzulul Quran ini terjadi pada 17 Ramadhan. 

Di Indonesia sendiri, peringatan malam Nuzulul Quran dilakukan dengan ceramah atau pengajian khusus. 

mengenal gua hira

Mengenal Gua Hira

Al-Quran diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW berabad-abad lalu di Gua Hira. Gua Hira ini berada di sebuah gunung bernama Jabal An Nur. Lokasi gua ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer ke arah timur laut Masjidil Haram.

Gua Hira sendiri merupakan sebuah lorong tersembunyi yang menjadi tempat bagi Nabi Muhammad SAW untuk menyendiri. Gua Hira memiliki ukuran yang cukup kecil dengan panjang sekitar 3,5 meter dan lebar sekitar 1,5 meter. Lokasi gua ini berada sekitar 4 meter dari puncak gunung Jabal An Nur dan sekitar 645 meter di atas permukaan laut. 

Gua ini berada di tebing Jabal An Nur yang sedikit curam. Derajat kemiringannya bahkan bisa mencapai 60 derajat. 

Ukurannya yang kecil membuat gua ini hanya bisa diisi oleh maksimal 4 orang saja. Pada bagian bawah terdapat sebuah batu besar yang bentuknya mirip seperti kubah. Banyak ahli yang menyebutkan jika batu ini adalah kubah malaikat Jibril. 

Dulunya, Gua Hira menjadi tempat Nabi Muhammad SAW untuk merenung. Di gua ini, Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi nabi pada usia 40 tahun bersamaan dengan turunnya wahyu pertama, yaitu Surah Al Alaq ayat 1 sampai 5 melalui Malaikat Jibril. 

Proses Nabi Muhammad SAW untuk menerima wahyu tidak berlangsung secara instan. Dalam hadis, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bermimpi terlebih dahulu. Setelah mengalami mimpi tersebut, Rasulullah SAW memutuskan untuk menyendiri atau berkhalwat di Gua Hira. 

Surat Al Alaq menjadi wahyu pertama yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Turunnya surat ini memberi hikmah yang sangat besar untuk seluruh umat muslim. 

Hikmah yang pertama yaitu agar umat muslim senantiasa menyebut nama Allah SWT dalam segala aktivitas yang mereka lakukan. Dengan senantiasa mengingat Allah SWT, maka keimanan pun akan meningkat. 

Hikmah yang kedua yaitu mengajarkan umat muslim bahwa membaca dan belajar adalah hal yang penting dalam hidup. Ayat ini menyerukan agar manusia senantiasa menuntut dan mencari ilmu. 

Hikmah ketiga yaitu mengingatkan manusia bahwa mereka tercipta dari segumpal darah. Tidak hanya itu, hikmah diturunkannya ayat ini yaitu untuk mengajarkan manusia agar senantiasa berusaha dan tidak mudah menyerah. 

Gua Hira Saat Ini

Gua Hira menjadi situs peninggalan penting dan bersejarah yang banyak dikunjungi oleh para jamaah haji dan umrah. Meskipun gua ini tidak menjadi bagian dari ibadah haji maupun umrah, jarak gua ini cukup dekat dengan Mekkah. Oleh karena itu, gua ini menarik untuk dikunjungi bagi para umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji atau umrah. 

Namun, Anda perlu mempersiapkan stamina yang prima apabila ingin pergi ke Gua Hira ini. Sebab, lokasi gua ini berada di tebing gunung Jabal An Nur dan ada sekitar lebih dari 1.000 anak tangga yang harus dilalui oleh para jamaah untuk mencapai di gua ini. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sepanjang jalan menuju Gua Hira, ada banyak penjual yang menjajakan air kemasan, makanan ringan, hingga teh untuk para jamaah. Apabila Anda lelah mendaki, Anda bisa beristirahat terlebih dahulu sembari makan dan minum. 

Untuk mencapai puncak Jabal An Nur, Anda memerlukan waktu sekitar 1 jam. Namun, apabila Anda banyak istirahat, Anda bisa mencapai puncak bukit ini dalam kurun waktu 1 hingga 1,5 jam. 

Setibanya di puncak bukit ini, Anda bisa melihat pemandangan ke arah Kota Mekkah dengan sangat jelas. Pemandangan ini tentu berbeda dengan apa yang dilihat oleh Nabi Muhammad SAW. Sebab, dulunya beliau hanya menyaksikan bentang alam yang terbuka, sepi, dan tak berujung. Namun, kini Kota Mekkah menjadi sangat megah dengan bangunan yang tinggi. 

Penutup

Demikian penjelasan untuk mengenal Gua Hira. Gua ini menjadi saksi peristiwa diturunkannya ayat Al-Quran untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, tidak heran banyak jamaah haji maupun umrah yang ingin melihat gua bersejarah ini secara langsung. 

Travel Umroh Rawda merupakan biro perjalanan umroh terpercaya yang sudah berdiri sejak 2003. Kepuasan para jamaah merupakan prioritas utama dari biro perjalanan umroh ini. Memiliki izin resmi dari Kementerian Agama, Rawda Travel siap mengantarkan Anda untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah. Temukan berbagai paket umroh di Rawda Travel, seperti Paket Umroh Plus Turki. Anda bisa menunaikan ibadah umroh sekaligus berlibur ke Turki.  

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh