Tips Umroh Bersama Anak Yang Masih Kecil

Tips Umroh Bersama Anak

Sobat Rawda, Apakah Anda ingin melaksanakan umroh tapi anak Anda masih kecil? Berikut ini tips umroh bersama anak yang masih kecil.

Melaksanakan ibadah umroh merupakan impian bagi semua umat muslim. Saat akan melaksanakan ibadah umroh tentunya harus mempersiapkan waktu yang tepat dan longgar karena ibadah umroh ini dilaksanakan dalam beberapa hari.

Selain waktu, biasanya calon jamaah umroh juga mempertimbangkan keluarga yang di rumah apalagi memiliki anak yang masih kecil.

Mengajak anak yang masih kecil untuk menunaikan ibadah umroh bersama akan menjadi tantangan tersendiri. Ketika ingin mengajak anak unuk menunaikan ibadah umroh juga bukan perkara yang mudah karena orang tua harus mempersiapkan berbagai hal mulai dari kebutuhan anak hingga mengajarkan dan membiasakan anak dengan tata cara serta aturan dalam menjalankan ibadah umroh.

Ibadah umroh bersama anak harus benar – benar dipersiapkan, karena apabila kurang persiapan dapat menyebabkan ibadah menjadi tidak khusyuk.

tips umroh bersama anak

Apabila Anda memiliki rencana beribadah umroh bersama anak yang masih kecil, berikut ini tips umroh bersama anak kecil untuk meminimalisir masalah yang dapat mengganggu berjalannya ibadah.

1. Memilih waktu keberangkatan yang tepat

Tips umroh bersama anak kecil pertama adalah calon jamaah umroh hendaknya memilih waktu yang yang tepat. Pertimbangan waktu yang tepat ialah calon jamaah umroh menghindari berangkat umroh aat musim panas yakni pada bulan april hingga agustus.

Musim panas di Tanah suci ini cenderung lebih ekstrem daripada tanah air. Oleh sebab itu, pertimbangan untuk berangkat ibadah umroh perlu dipikirkan dengan sangat matang.

Jamaah umroh dapat menunaikan ibadah bersama anak ketika memasuki akhir tahun dan awal tahun yakni pada bulan oktober, november, desember, hingga januari karena cuaca di tanah suci tidak sepanas bulan April hingga agustus.

Apabila anak harus sekolah maka orang tua dapat mengizinkan untuk tidak masuk sekolah selama menunaikan ibadah umroh di Baitullah.

2. Memperhatikan kesehatan si anak

Tips umroh bersama anak kecil kedua yakni memperhatikan kesehatan si anak. Orang tua sebelum menunaikan ibadah umroh bersama anak hendaknya melakukan kesehatan rutin untuk mendeteksi apabila ada penyakit atau potensi gangguan kesehatan sedini mungkin supaya penyakit dapat dicegah dan diberikan penanganan.

Sebelum menunaikan ibadah umroh, orang tua wajib untuk melakukan vaksinasi juga kepada anak. Namun untuk melakukan vaksinasi ini perlu untuk konsultasikan kepada dokter anak untuk mengetahui suplemen, vaksin, dan jenis obat – obatan yang diperlukan si anak.

3. Memastikan untuk mempersiapkan perlengkapan sebaik mungkin

Tips umroh bersama anak kecil selanjutnya ialah memastikan untuk persiapan perlengkapan sebaik mungkin. Orang tua wajib untuk mempersiapkan pakaian ihram khusus anak – anak. Selain itu, si anak juga perlu diberikan pengertian terkait dengan apa saja larangan yang tidak boleh dilakukan selama menunaikan ibadah umroh.

Perlengkapan lainnya yang perlu untuk disiapkan untuk si anak yakni botol susu, selimut bayi, popok, dan berbagai kebutuhan lainnya. Siapkan juga tas kecil agar mudah untuk membawa perlengkapan si anak.

4. Mengurus kelengkapan persyaratan umroh anak

Tips umroh bersama anak kecil keempat yakni mengurus kelengkapan persyaratan umroh anak. Beberapa yang perlu untuk dipersiapkan adalah dokumen seperti paspor, visa umroh, kartu keluarga, serta dokumen lain pendukung kelengkapan persyaratan umroh.

5. Membawa cadangan makanan untuk anak

Tips umroh bersama anak kecil selanjutnya ialah membawa cadangan makanan untuk anak. Orang tua harus mempersiapkan cadangan makanan khusus anak. Mungkin perlu untuk membawa cadangan makanan anak dari tanah air yang disukai.

Selain itu, pertimbangan membawa cadangan makanan ialah si anak yang mengalami masa tumbuh kembang biasanya belum terbiasa dengan cita rasa yang berbeda – beda. Belum lagi resiko alergi terhadap makanan. Makanya penting untuk membawa cadangan makanan untuk anak.

6. Membawa mainan anak

Tips umroh bersama anak keenam adalah tidak melupakan untuk membawa mainan anak. Anak biasanya agar tidak rewel dan cepat bosan sering dibawakan mainan. Nah untuk itu, membawa mainan sangat penting dilakukan.

Membawa mainan anak tidak perlu banyak – banyak, orang tua yang ingin menunaikan ibadah umroh dapat membawakan mainan favorit anak. Selain itu, juga dapat membawa buku mewarnai atau rekaman video favorit.

7. Membawa kereta dorong anak

Tips umroh bersama anak selanjutnya yakni orang tua dapat membawa kereta dorong meskipun terdengar merepotkan. Membawa kereta dorong dapat dilakukan ketika anak masih usia balita karena lebih praktis untuk membawa kereta dorong dan si anak tidak perlu digendong.

8. Bergantian dengan pasangan saat menjaga anak

Tips umroh bersama anak kedelapan adalah kedua orang tua harus saling kompak untuk menjaga anak. Hal ini untuk meminimalisir kondisi capek orang tua karena ibadah umroh memerlukan tenaga yang lebih.

Saat anak tidur di hotel, si orang tua dapat bergantian untuk menjaga anak seperti misalnya salah satu pergi ke masjid untuk sholat dan mengaji. Bergantian dengan pasangan menjaga anak saat ibadah umroh juga akan lebih nyaman saat menunaikan ibadah.

9. Mengajak anak rekreasi di Baitullah

Tips umroh bersama anak terakhir ialah jangan lupa untuk mengajak anak rekreasi di Baitullah agar anak tidak merasa bosan untuk menjalankan ibadah umroh. Rekreasi disini ialah melakukan rutinitas di luar kegiatan beribadah seperti misal membeli es cream atau berjalan – jalan di perbelanjaan.

Itu tadi informasi mengenai tips umroh bersama anak kecil yang dapat dicoba supaya ibadah Anda dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. Orang tua dapat mencoba untuk menunaikan ibadah umroh bersama si anak apabila tidak tega meninggalkan anak di rumah.

Sebelum menunaikan ibadah umroh, tentunya calon jamaah perlu untuk mempertimbangkan biro umroh terpercaya agar perjalanan umroh Anda bersama anak terjamin kenyamanannya.

Salah satu biro umroh terpercaya ialah Rawda travel yang menawarkan umroh plus Turki cocok untuk menjalankan ibadah umroh sekaligus wisata bersama anak. Berangkat umroh bersama travel umroh Rawda insyaAllah mabrur.

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh