Mengenal Sejarah Masjid Tan’im

masjid tan'im

Apakah Anda tahu bahwa di dekat Masjidil Haram terdapat Masjid yang menjadi miqat Aisyah RA selama melakukan umroh? Berikut ini informasinya tentang sejarah Masjid Tan’im yang menjadi lokasi Aisyah RA istri Rasulullah SAW melakukan Miqat ketika umroh.

Mengenal Masjid Tan’im

Masjid Tan’im atau dikenal dengan nama masjid Aisyah berada di pinggir jalan menuju Madinah. Masjid ini memiliki jarak sekitar 7,5 km dari Masjidil Haram atau hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit menggunakan mobil untuk sampai ke lokasi masjid tersebut. Menjadi lokasi miqat terdekat bagi para jamaah dan warga Makkah yang hendak melakukan umroh, Masjid Tan’im tidak pernah sepi jamaah.

Di masjid Tan’im banyak ditemui rombongan jamaah dari berbagai negara yang silih berganti berdatangan di masjid ini. Masjid Tan’im ini merupakan lokasi miqat paling dekat diantara lokasi lain seperti Ji’ranah dan Hudaibiyah.

Fasilitas Masjid Tan’im

masjid tan'im

Masjid Tan’im yang berlokasikan di perlintasan lalu lintas dari Mekkah ke Madinah dengan jalur yang ramai ini banyak dilakukan jamaah untuk beraktivitas. Meskipun lokasinya yang ramai, masjid ini tertata dengan rapi.

Di area Masjid Tan’im ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk para jamaah yang hendak berihram. Beberapa fasilitas yang ditemukan yakni terdapat lokasi parkir yang luas, toilet untuk mandi, berganti baju ihram, hingga masjid yang nyaman untuk sholat. Selain itu, juga banyak pepohonan di sekitar masjid yang menjadikan area tersebut terasa sejuk dari kegersangan.

Bagi Anda yang mungkin kelupaan untuk membawa kain ihram tidak perlu cemas, karena di area Masjid Tan’im terdapat toko – toko yang menjual keperluan ihram seperti kain ihram, ikat pinggang, bahkan banyak ditemukan air zam zam di depan masjid. Tidak hanya keperluan ihram, toko – toko di area masjid ini juga banyak yang menggelar dagangan sabun mandi, sandal, dan lain – lain.

Area Masjid Tan’im juga bersih dan dilengkapi dengan pendingin udara serta permadani yang empuk. Di dekat masjid Tan’im ini para jamaah juga dapat menemukan taksi jika ingin ke Masjidil Haram. Biaya yang ditawarkan untuk menaiki taksi sekitar 5 riyal yang dapat ditawar.

Untuk menaiki taksi di Mekkah, tarif yang digunakan ialah per penumpang. Biasanya sopir taksi akan membawa 3 hingga 4 penumpang yang masing – masing tidak kenal dan semuanya membayar sendiri.

Sejarah Masjid Tan’im

Masjid Tan’im memiliki nama Tan’im yang merupakan nama dari sebuah Desa. Masjid ini memiliki nama lain yakni Masjid Aisyah yang ditetapkan namanya oleh Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu miqat dari ibadah haji atau umroh.

Nama Aisyah merupakan nama istri Rasulullah yang melakukan miqat di area tersebut. Sejarah kisah masjid Tan’im ini bermula saat Istri Rasulullah yakni Aisyah RA tidak dapat mengikuti umroh bersama rombongan setelah haji Wada dikarenakan sedang haid. Aisyah melaporkannya ke Rasulullah ketika telah suci dari hadas

Lalu ketika baru selesai menunaikan haji perpisahan atau (hijjatuh wada) bersama Nabi SAW, Aisyah melanjutkan ibadah umroh. Untuk memulai ihram umroh, Rasulullah menyuruh Aisyah berangkat ke Tan’im untuk memulai ihramnya di lokasi tersebut.

Ketika berangkat ke Tan’im, Aisyag diantarkan oleh saudara laki – lakinya yang bernama Abdurrahman bin Abu Bakar. Peristiwa yang dilakukan Aisyah RA terjadi pada tahun kesembilan Hijriah.

Sejak zaman Rasulullah hingga saat ini masjid Tan’im telah banyak mengalami renovasi. Meskipun begitu masjid Tan’im ini menjadi tempat favorit jamaah umroh yang dibuktikan dengan meningkatnya kunjungan yang signifikan pada musim haji dan umroh.

Bangunan Masjid Tan’im

masjid tan'im

Pada area Masjid Tan’im pada area luar akan terlihat bangunan dua tingkat. Namun saat masuk ke dalam hanya terdapat satu lantai dengan langit – langit yang tinggi serta disinari dengan pencahayaan yang terang. Selain itu, terdapat dua menara setinggi 50 meter yang semakin menambah keindahan dari bangunan masjid tersebut.

Masjid Tan’im memiliki area yang ditumbuhi dengan rerumputan dan taman. Pada pelataran area masjid, jamaah dapat menunggu rombongan yang masih sholat. Masjid ini cukup bersih dengan lantai marmer berwarna putih yang selalu dibersihkan dan atap yang terbuat dari struktur bangunan yang kokoh menjadi tempat berlindung dari teriknya panas matahari. Pelataran ini yang berada dalam lokasi terbuka sehingga udara dapat keluar dan masuk dari berbagai arah.

Masjid Tan’im memiliki bangunan yang megah dibuktikan dengan pintu dan jendela yang tinggi mencerminkan gaya arsitektur dari Islam Modern. Untuk desain pun cukup unik karena memadukan keaslian sejarah dengan dekorasi arkeologi kuno.

Masjid Tan’im memiliki luas sekitar 6000 meter persegi dengan total kompleks sekitar 84.000 meter persegi yang mampu menampung sekitar 15 ribuan jamaah setelah direnovasi besar besaran memakan biaya sekitar 100 juta riyal.

Meskipun besar dan megah, Masjid ini tentunya sangat bersih karena segala operasionalnya berada di bawah tanggung jawab Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Islam Saudi yang merawat, memelihara, membersihkan, menyediakan karpet mewah, hingga proyek renovasi.

Informasi diatas merupakan informasi mengenai salah satu masjid yang dikunjungi saat melakukan miqat yakni Masjid Tan’im. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin melaksanakan ibadah umroh.

Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umroh dan masih bingung memilih biro travel umroh, Travel Umroh Rawda hadir untuk membantu pelaksanaan ibadah umroh Anda.

Rawda travel telah berpengalaman sejak tahun 2003 sehingga tidak perlu kawatir dengan pelayanan dan testimoni yang diberikan. Salah satu paket yang terbaik dari Rawda travel ialah umroh plus turki yang siap menemani ibadah umroh Anda ke Baitullah. Yuk segera kunjungi website Rawda Umroh dan sesuaikan pilihan paket umroh Anda!

Share the Post:

Baca Juga: 

Umroh Plus Turki

Harga Umroh Plus Turki

Paket Umroh Plus Turki 2024

Paket Umroh Plus Turki Cappadocia

Umroh Jakarta

Tentang Rawda Umroh

Artikel Umroh